Terlihat Sepele, Jamur Menumpuk Bisa Ganggu Kinerja Aki

Korosi pada aki mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Salah satu penyakit yang bisa mengganggu kinerja aki adalah munculnya jamur di kepala aki. Jamur ini muncul, karena hasil residu yang terjadi, saat proses sistem pengisian alternator ke aki.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Pada kondisi normal, jamur pada aki muncul hanya sedikit saja. Namun, ada penyebab lain yang dapat menimbulkan jamur lebih cepat menumpuk di kepala aki. Salah satunya adalah kelebihan pengisian yang dihasilkan oleh alternator ke aki.

Seperti dilansir Astraworld, Selasa 24 Oktober 2017. Tak sulit mengenali jamur pada kepala aki, yakni warna putih kehijauan yang khas dan berbentuk serbuk. Jika aki mulai terlihat berjamur, sebaiknya segera dibersihkan, karena bisa menurunkan kinerja aki.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Cara membersihkannya pun tak terbilang sulit, yakni dengan cara menggunakan air panas, lalu disiramkan ke kepala aki dan disikat dengan sikat gigi untuk menjangkau celah kecil.

Setelah disikat, kemudian siram dengan air panas, agar hasil kotoran yang disikat dapat terbuang. Setelah proses tersebut, berikan grease, atau gemuk pada area yang telah dibersihkan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Untuk hasil yang lebih maksimal, lepas kabel dari kepala aki saat proses pembersihan berlangsung, sehingga bagian dalam dari kabel pengikat kepala aki dapat lebih mudah dibersihkan.

Jika kepala aki dalam kondisi bersih, alias tidak berjamur, akan membuat usia aki lebih lama, karena pengisian yang dihasilkan oleh alternator dapat diterima dengan baik oleh aki tanpa gangguan. (asp)

Mesin dan komponen kelistrikan Nissan Kicks di kap depan

Ini Faktor Penyebab Aki Mobil Bisa Meledak

Aki mobil merupakan komponen yang memberikan listrik kepada komponen-komponen lainnya yang membutuhan energi tersebut.

img_title
VIVA.co.id
8 Juli 2022