Ciri-ciri Kampas Rem Motor Masih Tebal atau Sudah Tipis

Mengganti kampas rem motor.
Sumber :
  • http://edorusyanto.wordpress.com

VIVA – Rem menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan yang harus berfungsi dengan baik. Hal itu tentu saja tidak terlepas dari fungsinya untuk menghentikan kendaraan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Saat ini, kebanyakan sepeda motor yang dijual sudah menggunakan cakram. Berbeda dengan jenis teromol, rem cakram memiliki keunggulan dalam hal bobot, performa, dan daya tahan. Meski demikian, tentu saja pemilik kendaraan harus tetap rutin mengecek apakah rem masih berfungsi dengan baik.

Lalu, apa ciri kampas rem cakram sudah habis?

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menanggapi hal tersebut, pemilik bengkel Eka Jaya Motor, Ahmad menjelaskan, terdapat empat ciri kampas rem cakram sudah habis. "Bunyi biasanya hal yang paling mudah bagi pemilik kendaraan untuk mengetahui hal tersebut," katanya kepada VIVA.

Dia merinci, suara tersebut biasanya berasal dari gesekan langsung antara logam besi piringan cakram dengan besi kampas rem yang sudah habis. Hal sebaliknya berlaku jika kampas rem masih tebal. "Saat menarik tuas rem atau menginjak pedal rem, terasa lebih dalam dari ukuran standarnya," kata dia.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Selain itu, ciri lainnya yang bisa dideteksi adalah volume minyak rem pada tabung tempat oli rem berkurang atau turun dari garis yang tertera. "Bisa juga dilihat ketebalannya dari posisi kaliper," tuturnya. (art)

Rem tangan.

Dampak Buruk Lupa Turunkan Rem Tangan Mobil

Rem tangan adalah salah satu fitur yang ada di mobil, dan berfungsi menjaga supaya kendaraan tidak bergerak

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022