Trik Ampuh Hilangkan Bau pada Mobil yang Terendam Banjir

Sejumlah mobil menerobos banjir beberapa waktu silam. Mobil terkena banjir rawan berkarat.
Sumber :
  • Twitter.com/TMCPoldaMetro

VIVA – Banjir masih kerap menghantui para pemilik mobil di kota-kota besar. Saat menemukan jalan yang tergenang banjir, pengemudi dihadapkan dengan pilihan terus melaju atau memilih untuk menepikan mobilnya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Saat meneruskan untuk terus melajukan mobil di genangan air, pastinya ada risiko yang harus dihadapi. Salah satunya adalah masuknya air ke kabin mobil.

"Menerobos banjir, bukan cuma risiko untuk komponen mesin atau elektriknya, tetapi juga air masuk ke kabin. Kalau sudah begini pemilik harus siap mobil dibongkar," kata Koko Adhi Sucipto, Owner Green Car Spa Jakarta Timur, saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pria yang akrab disapa Koko tersebut mengatakan, kabin mobil yang kemasukan air banjir harus dibongkar lantaran bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Bahkan, pada mobil yang terendam banjir, bau tersebut tidak langsung bisa hilang walaupun kabin sudah dibongkar dan dikeringkan.

Untuk kasus seperti itu, kata Koko, bengkelnya memiliki trik tersendiri, yakni dengan mengganti peredam orisinal pabrikan mobil. Peredam tersebut, menurut Koko, menjadi penyebab bau lantaran letaknya berada di paling bawah kabin.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Untuk bau mobil bekas banjir cara ampuhnya cuma ganti peredam. Walaupun karpet atas, karpet dasar dibuka terus cuma dikeringkan, enggak bakal mempan menghilangkan baunya," kata dia.

"Peredam ini sensitif sama air, dia yang bikin bau. Posisinya ada di paling bawah. Jadi kabin dibongkar semua, sampai kelihatan bodi bawah, nah itu ada peredam bawaan pabrik, ganti. Selain itu, karpet dasar, jok, pelapis kulit semua dibersihkan dan dikeringkan, dia bisa hilang baunya," kata Koko. (ase)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022