Lima Langkah Saat Mobil Mogok di Jalan Tol, Jangan Panik

Petugas mendorong mobil mogok
Sumber :
  • Petugas mendorong mobil mogok

VIVA – Kendala pada mobil yang menyebabkan mogok bisa terjadi kapan saja. Bahkan ketika mobil tengah melesat di jalan bebas hambatan alias tol. Tentu rasa panik akan menyergap, karena pasti akan bingung bagaimana solusinya.

Penampakan Mobil Pemudik Mogok hingga Ngebul di Tol Kalikangkung

Hal ini beralasan, karena lalu lintas di jalan tol berbeda dengan jalur biasa. Padahal panik yang berlebihan justru akan menyulitkan diri sendiri. Sebenarnya dibutuhkan ketenangan pada kejadian seperti ini. Selanjutnya, Anda perlu tahu bagaimana langkah-langkah mengatasi masalah tersebut.

Seperti dilansir AstraWorld, Rabu 1 November 2017, langkah pertama yang patut dilakukan adalah menepikan kendaraan ke tepi. Kalau memungkinkan, usahakan roda kiri mobil lebih keluar dari bahu jalan, yaitu menapak di rumput, sehingga posisi mobil akan lebih keluar dari jalan. Tujuannya adalah untuk menghindari terserempet oleh pengendara lain yang sedang menggunakan jalur paling kiri selain bahu jalan.

5 Tanda-tanda Mobil Bakal Mogok

Kedua, nyalakan lampu hazard, dan tambahkan lampu kecil juga jika kejadiannya pada malam hari. Tujuannya agar lebih terlihat oleh pengendara lain, sehingga mobil yang melintas dapat mengetahui bahwa ada mobil yang sedang dalam kondisi darurat dan berhenti di pinggir jalan. Lampu hazard juga dapat terlihat dari kejauhan, sehingga mobil yang melintas lebih berhati-hati dan memposisikan mobil lebih ke kanan.

Ketiga, pasang segitiga pengaman untuk menginformasikan ke pengendara lain bahwa kendaraan sedang bermasalah. Segitiga pengaman dipasang lebih dari 10 meter di belakang mobil dan lebih keluar 30-50 sentimeter jika ditarik garis lurus dari body terluar mobil sisi kanan, searah dengan perlintasan mobil lain. 

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun jika di jalan tol sedang macet atau padat merayap, jarak segitiga pengaman bisa dikurangi menjadi  kurang lebih lima meter.
 
Keempat, penumpang segera keluar dari mobil. Tujuannya untuk menghindari cedera jika terjadi tabrak belakang dari pengendara lain yang masih memanfaatkan bahu jalan untuk jalur laju mobilnya. Usahakan tidak ada satu orang pun yang berada di dalam mobil mengingat risikonya yang cukup parah jika terjadi tabrak belakang.
 
Kelima, hubungi pengelola jalan tol, misalnya jika berada di jalan tol Jasa Marga, Anda dapat menghubungi 14080 untuk meminta bantuan penderekan ke pintu keluar tol yang terdekat. Namun jika berada di tol selain Jasa Marga, nantinya akan diinformasikan nomor telepon dereknya. Setelah keluar dari tol, Anda dapat menghubungi bengkel langganan atau penyedia layanan darurat untuk dapat mengatasi masalah pada mobil Anda.
 

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar

Imam Besar Masjid Istiqlal: Selama Ini Ulama Seperti Pendorong Mobil Mogok atau Pemadam Kebakaran

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyatakan bahwa bahasa agama lebih efektif menyentuh masyarakat daripada bahasa birokrasi atau politik.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2023