Jurus Cegah Motor Mogok di Musim Hujan

Pengendara bermotor menerobos hujan di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA – Musim hujan kini sudah mulai merata di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan tak sedikit wilayah yang mulai  terendam banjir di akhir tahun ini. Oleh sebab itu masyarakat harus selalu tetap waspada.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Tak dipungkiri bahwa musim hujan seolah menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara, khususnya roda dua. Karena berbagai persoalan bisa saja terjadi. Salah satunya mogok saat berkendara di jalan.

Technical Service Analyst Astra Motor Jakarta, Rangga Noviar mengatakan, ada beberapa langkah agar pengendara sepeda motor tak mengalami mogok saat berkendara di tengah hujan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Biar enggak mogok pas hujan, pastikan motor tidak melintasi genangan air melebihi lubang knalpot. Ada kemungkinan air akan masuk ke ruang bakar dan mengganggu sistem pembakaran," kata Rangga kepada VIVA di Jakarta, Kamis 30 November 2017.

Lalu ia menyarankan agar sebelum berkendara saat hujan, pengendara terlebih dahulu mengganti tutup busi bila ditemukan retakan pada karetnya. Sebab kata Rangga, air berpotensi masuk ke terminal busi dan mengganggu sistem pengapian.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Selalu pastikan tidak ada kabel yang terkelupas. Karena kabel yang terkelupas bisa mengakibatkan konsleting, disarankan tidak melakukan modifikasi yang dapat merusak kabel," tuturnya menambahkan.

Terakhir kata dia, dalam kondisi mesin panas, disarankan tidak melintasi langsung genangan air yang tinggi. Karena akan terjadi perubahan suhu mesin yang signifikan sehingga dapat mengganggu kinerja mesin.

"Jangan lupa, pastikan soket-soket kabel terbungkus dengan rapi." (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya