Setang Motor Juga Butuh Perhatian, Banyak yang Tidak Tahu

Servis motor Honda.
Sumber :
  • Dok: Astra Motor

VIVA – Setiap pengendara sepeda motor menginginkan kendaraannya bisa digunakan dengan stabil dan aman.

Robi Senggol Motor Buat Wanita Jatuh dan Tewas, Pura-pura Pingsan saat Ditangkap Warga

Akan sangat menjengkelkan bila motor yang dikendarai susah dikendalikan, lantaran kemudi terasa berat atau tertarik ke salah satu arah.

Technic Analyst Service Astra Motor Jakarta Dewi Sartika, Rangga Noviar mengatakan, setang motor dapat bergerak dengan halus karena adanya steel ball yang menjadi tumpuannya.

5 Penyebab Setang Motor Goyang dan Tidak Stabil

Seiring lamanya waktu pemakaian, sistem pelumasan steel ball juga bisa berkurang kualitasnya, sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.

"Atau bahkan, karena seringnya melintasi jalanan tidak rata atau berlubang, bisa menyebabkan steel ball dan dudukannya aus. Dengan kondisi seperti itu, perlu dilakukan penggantian," kata Rangga kepada VIVA.

Penting Diketahui Penyebab Setang Motor Goyang

Kata dia, tak ada waktu pemeriksaan khusus terkait pelumasan pada setang motor. Akan tetapi, setiap perawatan rutin, hal itu menjadi salah satu bagian yang harus dicek oleh bengkel resmi. 

"Nanti, mekanik akan menginformasikan apakah masih oke atau perlu dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Terpisah, mekanik bengkel Cilangkap Mas Motor, Ramdani mengatakan, selain dirasakan motor tak stabil saat ditunggangi, kerusakan pada setang motor juga bisa dideteksi dengan mudah. Yakni memasang standar tengah, lalu digerakkan dengan cara diputar.

"Caranya, standar duanya dipasang. Terus, setangnya diputar-putar. Kelihatan tuh rusaknya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya