Polisi Punya Cara Ketahui Mobil Pelat Dinas Asli atau Palsu – VIVA

viva.co.id

Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva

viva.co.id

Jumat, 5 Januari 2018 | 13:39 WIB

Polisi Punya Cara Ketahui Mobil Pelat Dinas Asli atau Palsu

img_title
Photo :
  • Instagram

Mobil berpelat nomor dinas kepolisian.

VIVA – Beberapa minggu belakangan, Kepolisian yang bertugas mengatur lalu lintas di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, sering menangkap seorang pemilik mobil yang menggunakan pelat nomor dinas polisi palsu.

Aksi nekat pemilik mobil itu semata-mata dilakukan, untuk menghindari kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi di kawasan tersebut saat musim liburan.

Lantas, bagaimana polisi dan masyarakat awam bisa mengetahui bahwa pelat nomor kendaraan dengan menggunakan nomor dinas itu asli atau palsu. Sebab, secara kasat mata, pelat nomor dinas palsu tak jau berbeda dengan yang asli

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama mengatakan, petugas Kepolisian bisa mengetahui nomor pelat mobil dinas itu adalah asli atau palsu yakni bisa diketahui dengan cara mengemudinya.

"Yang pasti, kalau dia polisi pasti perangai mengemudinya bisa ketahuan. Kalau polisi yang benar, pasti lebih tertib. Bukan klakson yang enggak jelas," kata Hasby kepada VIVA di Jakarta, Jumat 5 Januari 2017.

Selain itu, polisi juga akan berkoordinasi dengan petugas lainnya semisal untuk izin melewati wilayahnya. Untuk orang awam, kata dia, memang sulit membedakan apakah mobil yang dipasang pelat polisi tersebut adalah mobil dinas atau bukan.

"Harus diberhentikan dulu ya, baru ketahuan dia polisi atau bukan. Banyak juga polisi karena kendaraan dinasnya kurang, akhirnya harus bikin sendiri pakai mobil pribadinya," ujarnya.

Namun, kata dia, baik petugas maupun masyarakat awam bisa membedakan mobil tersebut adalah mobil dinas polisi atau bukan, yaitu dilihat dari cara berkendara pengemudi.

"Membedakannya masalah kebiasaan saja sih. Harus tertib, karena salah-salah malah akan bikin macet. Kalau di kami, mobil lantas lain lewat kalau salah pasti akan kami setop kok," kata dia.

    Muat Lainnya...