Kenapa Kunci Immobilizer Tidak Bisa Diduplikat

Kunci immobilizer
Sumber :
  • mikecalverttoyota

VIVA – Saat membeli mobil baru, biasanya konsumen diberikan lebih dari satu kunci. Kunci ini berfungsi sebagai cadangan dan bisa dipakai jika suatu waktu dibutuhkan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pemberian kunci cadangan ini ternyata masih berlaku meski mobil mengusung teknologi kunci immobilizer. Namun, kunci ini ternyata tidak bisa dipakai secara maksimal, khususnya untuk menyalakan mesin.

General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor, Iwan Abdurrahman mengatakan, meski diberikan kunci cadangan, pemilik harus tetap menyambangi bengkel resmi untuk mengaktifkan kunci.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Misalnya kunci hilang, tetapi masih ada cadangannya, maka harus dibawa ke diler dulu. Data kunci lama akan dihapus oleh mekanik diler dengan alat khusus," kata Iwan kepada VIVA, Rabu, 10 Januari 2018.

Dengan cara ini, kata Iwan, mengurangi risiko mobil dibobol atau bahkan kunci mobil diduplikat oleh orang dekat pemilik mobil agar bisa mengambilnya. Meski batang logam kunci diduplikasi, kata dia, tetapi tidak mudah menduplikasi sistem enkripsi elektroniknya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Misalnya kuncinya sudah immobilizer tapi masih pakai sistem batang kunci, enggak akan pengaruh walaupun itu diduplikat. ECU mobil kan membaca chip yang ada di dalam kunci, bukan batangannya," ujar Iwan.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022