Jangan Asal Pakai Ban Tipe Sport

Teknisi F1 sedang memeriksa ban jelang balapan
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Yates

VIVA – Ban yang diperuntukkan bagi mobil sport berbeda dengan ban mobil keluarga yang biasanya digunakan untuk harian. Sebab, setiap pabrikan memproduksi ban sesuai dengan spesifikasi kebutuhan kendaraannya.

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Marketing Manager PT YHI Indonesia, Tejo Andriastono, mengatakan, ban mobil sport yang digunakan untuk harian pasti memiliki kekurangan. Yaitu, saat digunakan akan terasa kurang nyaman.

"Ada kekurangan. Yang pertama, dirasakan kurang nyaman. Yang kedua, konturnya akan lebih keras," kata Tejo kepada wartawan di Jakarta.

3 Tanda Ban Mobil Bocor Halus

Ban mobil sport yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari juga lebih berisik. Alasannya, kompon karet bundar yang digunakan lebih keras.

Meski kompon mobil sport lebih keras, namun akan lebih cepat habis bila digunakan untuk harian. Sebab, kualitas aspal yang kurang baik akan cepat mengikis kompon.

Alamak! Dua Ban Mobil Dokter Tengah Parkir di RS Medan Raib Digondol Maling

Itu sebabnya, ia menyarankan kepada para pemilik mobil untuk menggunakan ban sesuai keperluan. Tidak perlu membeli ban sport yang mahal, jika hanya digunakan untuk melaju dengan kecepatan rendah hingga sedang. (art)

VIVA Otomotif: Ilustrasi ban mobil

Arti Penulisan Kode di Ban Mobil, Mulai Tanggal Prodiksi hingga Cara Bacanya

Kombinasi angka dan huruf di ban mobil merupakan sebuah kode yang membedakan antara ban satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, penting bagi pemilik kendaraan tahu.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024