Ada di Jakarta, Kendaraan Ini Justru Tak Diakui di Negaranya

Bajaj Qute mulai beroperasi di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA – Beberapa waktu lalu, warga Jakarta dibuat heboh dengan kehadiran transportasi umum baru pengganti bajaj oranye, yakni bajaj beroda empat. Kendaraan tersebut dibuat oleh Bajaj dan diberi nama Qute.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Kehadiran Qute di Jakarta adalah sebagai alternatif dari bajaj BBG. Selain memiliki tambahan satu roda, kapasitas penumpangnya juga lebih banyak.

VIVA juga pernah mencoba mengendarai Qute, dan hasilnya cukup mengagumkan. Ukurannya yang kecil membuat kendaraan ini mudah menembus kemacetan lalu lintas Jakarta yang terkenal padat.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Namun, ada fakta menarik dari kendaraan yang diimpor dari India itu. Dilansir dari Motoroids, Kamis, 7 Juni 2018, ternyata Qute hingga saat ini belum diakui oleh pemerintah Negeri Hindustan.

Bajaj Qute mulai gantikan bemo di Jakarta.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Alasannya, belum ada kategori sepeda motor beroda empat di negara tersebut. Meski bentuknya mirip mobil, namun Qute tetap dikategorikan sebagai sepeda motor.

Untungnya, hal itu akan segera berubah. Pemerintah India mengusulkan adanya kategori baru, untuk mewadahi keberadaan kendaraan seperti Qute. Jika sudah ketok palu, maka Qute bebas diperjualbelikan di Negeri Bollywood itu.

Kendaraan yang dirakit di Pune, India itu menggunakan mesin 216 cc dan dapat melaju hingga kecepatan 70 kilometer per jam. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 35 km tiap satu liter bensin. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya