Uniknya Helm Kokoh Berbahan Kulit Jeruk

Helm dari buah jeruk.
Sumber :
  • Motor1

VIVA.co.id – Sebuah terobosan unik dilakukan jenama otomotif asal Jerman, BMW. Untuk pertama kalinya BMW menggunakan buah untuk melindungi para karyawannya yang bekerja di pabrik. Buah tersebut adalah pomelo.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Pomelo merupakan buah jeruk mirip dengan jeruk bali. Karena kulitnya yang tebal, BMW bersama sejumlah kalangan universitas di Jerman kemudian meracik seperangkat keamanan dengan bahan dasar demikian. Mereka menganalogikan, kulit yang tebal dari pomelo saja dapat menjaga struktur buah saat terjatuh dari pohon. Dan ini tentu cocok jika diterapkan untuk berkendara.

Seperti dilansir Motor1, kulit pomelo yang mengandung bahan auxetic dipertimbangkan menjadi perangkat keamanan karena juga dinilai dapat menyerap dampak kala menghadapi benturan. Karena manfaatnya yang besar pula, BMW kemudian memasalkan produk keamanan dari pomelo dengan beberapa pihak terkait.

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

Proyek ini juga mempertimbangkan penggunaan ikan dan kulit buaya yang marak dipergunakan untuk perlengkapan berkendara. Dengan adanya pomelo, para peneliti proyek akhirnya berhasil menciptakan busa dan tekstil komposit. Produk-produk prototipe yang dihasilkan sejauh ini seperti helm, sarung tangan yang tampil lebih ringan, lebih keras, dan lebih stabil daripada bahan yang digunakan seperti saat ini.

Untuk prototipe helm, bahkan disebut memiliki tingkat proteksi kepala jauh lebih baik. Apalagi material yang bernapas melalui rongga kulit jeruk dapat menawarkan fleksibilitas lebih baik pula kepada para pengendara sepeda motor.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Untuk perlindungan pengendara yang lebih besar, BMW mulai menjalin kemitraan dengan Alpinestars tahun lalu, serta mulai merilis jaket motor dengan kantung udara internal yang canggih. Jaket itu akan mengembang untuk melindungi punggung, ginjal, dada dan bahu pengendara saat mengalami kecelakaan. (ren)

Toyota Innova Zenix Hybrid tidak kuat menanjak di Dieng

Video Innova Zenix Hybrid Tak Kuat Nanjak Jadi Sorotan Warganet

Dalam video yang diunggah terlihat Innova Zenix Hybrid berkelir hitam itu berupaya melewati tanjakan di kawasan Dieng, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024