Pelat Nomor Cantik Ini Dilelang, Orang Kaya Raya Berebut

Pelat nomor cantik.
Sumber :
  • KeyAuto

VIVA.co.id – Bagi kalangan tajir, memiliki mobil mewah saja tak cukup bagi mereka. Untuk mendukung penampilan berkendara sekaligus gensi di jalanan, banyak orang berduit juga memburu berbagai pelat nomor cantik. Tak peduli meski harga yang mesti mereka tebus mahal, bahkan hingga melampaui harga sebuah mobil.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Selain di Indonesia dan banyak negara lainnya, fenomena ini juga terjadi di Malaysia. Di sana bahkan ada pelat nomor cantik yang banyak diperebutkan. Pelat tersebut adalah AKU 8055 yang berarti "Aku Boss". Saking banyaknya orang yang memburu, pihak berwenang kemudian melelang pelat nomor AKU 8055.

Direktur Jenderal Departemen Transportasi Jalan Perak (JPJ) Mohd Zawawi Zakaria mengatakan, pelelangan dilakukan dengan harapan banyak pihak yang melakukan penawaran. "Penawaran dimulai sejak 3 Juli dan berakhir hingga 18 Juli," kata Zawawi seperti dikutip Paultan, Kamis 6 Juli 2017.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Selain pelat nomor AKU 8055, ada juga pelat nomor lain yang dilelang, yakni 'AKU 805' dan 'AKU 1305' yang memiliki arti sama. "Meskipun 805, 8055 dan 1305 adalah angka pelat normal, namun angka ini terdaftar merupakan kategori nomor populer karena banyak yang melakukan permintaan," lanjut Zawawi.

Tercatat berbagai kalangan kaya raya di Malaysia sudah mengantre untuk mendapatkannya. Sebut saja pejabat,
bintang olahraga hingga selebriti. Pihak berwenang mengaku sudah menerima pendaftaran peminat nomor ini sejak awal tahun lalu. Zawawi memperingatkan agar pemenang pelelangan pelat nomor "AKU 1305" nantinya tidak melakukan pelanggaran hukum dengan menempatkan angka "1" dan "3" berhimpitan agar terlihat seperti huruf "B".

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Selain nomor registrasi "bos", ada tiga kategori angka masih akan ditawarkan, yaitu "bilangan emas", "nomor menarik" dan "nomor populer". Untuk bilangan emas (1 sampai 10/ contoh B 1) memiliki tawaran minimum 10 ribu ringgit Malaysia atau Rp31 jutaan. Nomor menarik (11 sampai 19/ contoh B 19) mulai dari 2.000 ringgit Malaysia atau Rp6,2 jutaan, dan angka populer (seperti B 22, B 777, B 8888, dll) mulai dari 300 ringgit Malaysia atau Rp900 ribuan.

Sejauh ini, pelat nomor termahal yang pernah dikeluarkan adalah AKK 1. Pada tahun lalu, pelat ini terjual dengan harga Rp896 juta.

Ilustrasi mencuci mobil

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Hanya dalam tiga hari, pemerintah setempat telah mendenda 22 pelanggar dengan total 110 ribu rupee atau sekitar Rp20 jutaan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024