Tuang Air Wiper ke Lubang Oli Mini Cooper, Ini yang Terjadi

Ilustrasi mengisi cairan wiper.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Meski bisa mengendarai sebuah mobil, namun bukan berarti seseorang paham soal perawatannya. Umumnya, mereka tidak mau repot dan menyerahkan semua urusan servis ke bengkel.

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Namun, ada beberapa orang yang berusaha belajar melakukan perawatan rutin sendiri. Biasanya, perawatan yang dilakukan berskala ringan, seperti memeriksa oli dan mengisi ulang air penghapus kaca depan atau wiper.

Sayangnya, ada saja yang melakukan kesalahan. Padahal, semua petunjuk sudah tersedia di depan mata, termasuk juga panduan yang tercantum di dalam buku panduan mobil.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Hal itu dialami oleh seorang pemilik Mini Cooper di Prancis. Dilansir dari Jalopnik, Jumat 7 Juli 2017, pemilik mobil yang tidak disebutkan namanya itu datang ke toko yang menjual kenutuhan otomotif, seperti oli dan air wiper.

Kedatangannya ke toko tersebut adalah untuk membeli satu botol air wiper, karena ia hendak melakukan perjalanan jauh dan tangki air wiper mobilnya hanya terisi kurang dari setengah.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Usai membeli, ia kemudian membuka kap mesin dan mencari lubang pengisian air. Namun, bukannya tutup lubang air yang dibuka, tapi justru tutup lubang pengisian oli.

Padahal, pada tutup masing-masing sudah tertera logo yang menunjukkan isi dari lubang tersebut. Tutup lubang oli umumnya memiliki logo cerek oli, sedangkan tutup air wiper memakai logo kaca depan mobil lengkap dengan wiper-nya.

Tanpa memeriksa lagi, ia kemudian menuang air wiper ke lubang pengisian oli. Setelah itu, ia mengendarai mobil sejauh beberapa kilometer.

Tidak lama kemudian, mobil tersebut kembali ke toko. Pemilik mobil mengeluh soal munculnya asap kebiruan pada knalpot. Pemilik toko kemudian menyarankan membawa mobil tersebut ke bengkel yang lokasinya tidak jauh.

Saat mesin dibuka, ditemukan gumpalan busa di dalam mesin. Busa tersebut hasil campuran oli dan air wiper dan memenuhi semua jalur oli. Saat tutup oli dibuka, busa tersebut keluar dalam jumlah yang sangat banyak.

Akhirnya, pria itu tidak jadi melakukan perjalanan, karena mobil harus turun mesin.

Busa berwarna cokelat hasil campuran oli dan air wiper.

Busa berwarna cokelat hasil campuran oli dan air wiper (Foto: Jalopnik)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya