Harga Tongtoll, Tongkat Kartu Tol Elektronik

Tongtoll.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Ruas jalan tol di Indonesia tidak lama lagi akan menggunakan sistem transaksi elektronik. Dengan sistem ini, pengemudi mobil hanya bisa membayar dengan uang elektronik (e-money).

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Uang elektronik sudah dikeluarkan oleh berbagai bank di Indonesia dengan bentuk atau desain kartu. Saat melakukan pembayaran, pengemudi hanya perlu menempelkan kartu ini ke alat atau mesin di Gerbang Tol Otomatis.

Adanya rencana penerapan transaksi dengan kartu uang elektronik ternyata memancing kreativitas untuk membuat GTO Stick atau di media sosial akrab disebut tongtoll (tongkat e-toll). Tongtoll sendiri merupakan tongkat yang dilengkapi dengan penjepit untuk uang elektronik.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Dari media sosial Instagram dan toko online, diketahui tongkat untuk membayar tol ini memiliki desain yang beragam, mulai dari yang terbuat dari bahan plastik, sampai yang dibuat dari bahan logam. Tongtoll dari plastik memiliki ukuran statis sekitar 23 sentimeter, sementara yang berbahan logam bisa diatur panjangnya mirip dengan tongsis (tongkat narsis) untuk melakukan swafoto (selfie).

Berdasarkan penelusuran VIVA.co.id di beberapa toko online, diketahui harga tongtoll berkisar Rp15-75 ribu. Alat baru ini diyakini membantu pengemudi saat akan menempelkan kartu uang elektronik di gerbang tol otomatis.

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Belum diketahui secara jelas siapa penemu ide untuk membuat tongtoll pertama kali. Bagaimana, berminat untuk menggunakan tongtoll? (ase)

Ilustrasi mencuci mobil

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Hanya dalam tiga hari, pemerintah setempat telah mendenda 22 pelanggar dengan total 110 ribu rupee atau sekitar Rp20 jutaan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024