Survei LSI: Jokowi Kalah di Segmen Pemilih Milenial

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa menjelaskan hasil survei
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin kalah di kalangan milenial. Mereka lebih memilih Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Peneliti LSI, Ardian Sopa, dalam pemaparan hasil surveinya bertajuk 'Jokowi Diambang 2 Periode?' menjelaskan, hasil survei mereka untuk pemilih usia 19 tahun ke bawah condong memilih Prabowo-Sandi.

"Milenial lebih banyak ke Prabowo-Sandi meskipun angkanya tidak jauh berbeda," kata Ardian, di kantor LSI, Jalan Pemuda, Rawamangun Jakarta Timur, Selasa, 2 April 2019.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Pasangan Jokowi-Ma'ruf untuk pemilih 19 tahun ke bawah memperoleh 43,1 persen sampai 49,5 persen. Sementara dukungan ke Prabowo-Sandi adalah 50,5 persen sampai 56,9 persen.

Namun, keunggulan Prabowo-Sandi tidak berlaku untuk milenial usia 20-29 tahun. Di mana milenial dengan kisaran umur ini memilih Jokowi-Ma'ruf dengan angka 48,3 persen sampai 54,7 persen. Untuk Prabowo-Sandi angkanya adalah 45,3 persen hingga 51,7 persen.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Di kalangan pemilih umur 30 hingga 49 tahun, bahkan cenderung lebih memilih memenangkan Jokowi. Di umur 50 tahun ke atas, responden semakin banyak yang tetap memilih Jokowi-Ma'ruf yakni sebesar 61,6 persen sampai 68 persen. Sementara Prabowo-Sandi 32 persen sampai 38,4 persen.

"Semakin tua usia pemilih, semakin unggul Jokowi-Ma'ruf," kata Ardian.

Pengumpulan data dilakukan pada 18-26 Maret 2019 dengan menggunakan multistage random sampling. Sementara, jumlah responden mencapai 1.200 responden. Di mana survei dilakukan dengan wawancara tatap muka. Margin error mencapai lebih kurang 2,8 persen. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya