Wiranto Sebut Secara Umum Pemilu Aman dan Lancar

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan kembali melakukan rapat koordinasi khusus bersama jajarannya terkait penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Menkopolhukam Wiranto menyebut bahwa penyelenggaraan pencoblosan pada Rabu 17 April 2019 umumnya berjalan lancar. Dia menilai tidak ada insiden skala besar.

"Secara umum pencoblosan itu atau puncak pemilu di semua wilayah telah berjalan aman, lancar dan damai," kata Wiranto dalam rapat di Jakarta, Kamis 18 April 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Wiranto menyatakan apresiasinya kepada jajaran yang telah mencegah pemilu terhambat. Menurutnya, mereka telah berhasil meredam gangguan selama pemilu.

"Dalam kesempatan ini saya berikan penghargaan kepada saudara sekalian, mencoba meredam dan menetralisir ancaman serta gangguan yang mengakibatkan pemilu tidak aman, lancar dan sukses," ujar dia.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Meskipun demikian, Wiranto mengingatkan kerja pengamanan belum selesai. Karena masih banyak tahapan pemilu yang belum usai, seperti perhitungan, penetapan dan sebagainya.

"Apakah soal penghitungan atau kecurangan diselesaikan melalui hukum, kita menjaga agar tidak keluar dari wilayah pemilu dan menjadi permasalahan nasional," tutur Wiranto.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024