Menakar Kekuatan Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat

Konferensi Pers mengenai dukungan Jokowi-Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVA / Eduward Ambarita

VIVA – Kelompok relawan yang dulunya mendukung tiga pasangan calon kepala daerah di Pilkada Jawa Barat, dipastikan membentuk barisan sekretariat bersama di pemilu tahun depan.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Mereka membentuk forum komunikasi untuk menggalang kekuatan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin, di luar dukungan partai politik.

"Sinergitas antara tim kampanye dengan relawan menjadi sangat penting karena kami punya dua kekuatan besar soliditas partai pendukung Koalisi Indonesia Kerja dan juga kekuatan relawan," kata Direktur Relawan Tim kampanye Nasional, Maman Imanulhaq di Posko Rumah Cemara, Jakarta, Rabu 26 September 2018.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Maman mengatakan, dukungan dari tiga pasangan calon di Pilkada Jawa Barat lalu ialah Relawan Rindu yang mendukung Ridwan Kamil - Ruzhanul Ulum, Relawan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dan juga Relawan TB Hasanuddin - Anton Charliyan. Selain di Jawa Barat, relawan juga akan bergerak secara serentak di seluruh wilayah mulai Oktober mendatang.

"Ini kami laporkan sebagai bentuk bahwa transparansi dan juga Pilpres 2019 di tim (Direktorat Relawan) kami sudah sangat sistematis dan masif," kata dia.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Untuk jumlah dukungan, Maman yang juga politsi Partai Kebangkitan Bangsa itu sudah mencatat sebanyak 501 orang relawan menyatakan dukungan ke pasangan petahana.

Mereka sudah diklasifikasi berdasarkan kelompok latar belakang mulai bidang advokasi hukum, nelayan, petani, hingga kalangan milenial dan perempuan.

Wakil Direktur Relawan TKN, Mohammad Yamin mengatakan, kerja relawan akan menyasar kelompok pemilih mulai dari pintu ke pintu atau sosialisasi di media atau media sosial.

"Karena itu teman- teman di sana hampir melakukan kegiatan terus menerus di setiap kelompok relawan. Relawan ini akan menyasar sampai ke kelompok pemilih terkecil," ujarnya. (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya