Survei: Publik Akan Amati Gestur Capres dan Cawapres Saat Debat

Debat Capres-Cawapres 2014 di Balai Sarbini, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Lembaga survei Alvara Research Center mengingatkan, para pasangan calon presiden dan wakil presiden bahwa performa mereka dalam debat akan memengaruhi pertimbangan calon pemilih.

Dukung Paslon 02, Ini yang Bikin Nagita Slavina Kagum pada Prabowo Subianto

Namun, menurut riset Alvara, performa para kandidat dalam debat pada 17 Januari nanti akan lebih memengaruhi kalangan pemilih rasional yang sekarang belum menentukan pilihan alias undecided voters.

"Berkaca pada pengalaman debat pilkada dan pilpres sebelumnya, fungsi di debat hanya bisa menyasar pemilih raisonal dan swing voters,” kata CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali saat memaparkan hasil surveinya di Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.

Duel Adu Keren Outfit di Debat Pilpres Terakhir, Siapa Paslon Paling Oke?

Dalam debat nanti, masyarakat, terutama calon pemilih yang terkategori undecided voters, akan memerhatikan pemaparan visi dan misi para kandidat. "Publik, selain lihat konten, juga lihat gerak tubuh, gestur para kandidat. Itu yang lebih menyentuh sisi pemilih," ujarnya.

Situasi itu menjadi momen baik bagi para kandidat dan tim sukses dan pasangan capres dan cawapres untuk menampilkan yang terbaik sehingga dapat menaikkan elaktabilitas mereka dan menarik simpati publik.

Intip Keseruan Nobar Debat Terakhir Capres di Markas AMIN Sumut, Eks Gubsu: Semangat Perubahan!

"Yang penting bagaimana para kandidat bisa mengkapitalisasi proses debat yang dilakukan, baik dari sisi media, media sosial, dan lain-lain. Kita tunggu apakah tim sukses masing-masing memiliki keberanian untuk mengkapitalisasi debat." (mus)

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024