Wapres Bersyukur Rakyat Indonesia Ribut soal Politik Cuma di Medsos – VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Sabtu, 12 Januari 2019 | 00:18 WIB

Wapres Bersyukur Rakyat Indonesia Ribut soal Politik Cuma di Medsos

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Photo :
  • Fajar GM/VIVA.co.id

Wakil Presiden Jusuf Kalla.

VIVA – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia memiliki suatu sistem kebersamaan yang kuat. Hal itu ditunjukkan dengan sikap politik yang mampu saling menghargai di kehidupan nyata.

Namun, diakui JK, di tahun politik ini masyarakat sering 'ribut' di media sosial; mereka saling serang karena berbeda pendapat. 

"Kita bersyukur, yang ribut hanya di dunia media sosial. Tapi tidak lapangan. Di lapangan orang tersenyum ketawa, tapi memang agak ributnya di media sosial," kata JK dalam forum pertemuan tahunan Industri Jasa Keuangan 2019, di Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.

Berbeda dengan Filipina saat ada pemilu, banyak warga yang meninggal dunia akibat berkonflik. Begitu pula negara seperti Pakistan dan beberapa negara lainnya. Namun, menurutnya, Indonesia adalah negara yang mendukung kegiatan politik dan ekonomi.

"Kita ada suatu sistem dimana ekonomi dan politik memang saling berpengaruh, tapi tidak dalam hal yang negatif. Politik berjalan dengan sistemnya, ekonomi berjalan dengan sistemnya sendiri." katanya.

Bahkan, menurut mantan ketua umum Partai Golkar itu, politik di Indonesia justru bisa mendorong perekonomian, terutama konsumsi masyarakat yang mendorong kegiatan ekonomi.

"Kita bayangkan saja ada 800 ribu TPS (tempat pemungutan suara). Berapa saksi, mungkin sepuluh saksi satu TPS. kalau mereka mendapat rata-rata 200 ribu satu orang, berapa triliun uang keluar untuk meningkatkan uang di masyarakat," katanya berhitung. 

"Jadi,” JK menyimpulkan, “politik itu juga suatu dorongan ekonomi, bukan hanya kepentingan politik belaka.” (mus)

    Muat Lainnya...