BPN Lagi-lagi Minta Tak Ada Pertanyaan Singkatan di Debat Pilpres - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Sabtu, 12 Januari 2019 | 14:53 WIB

BPN Lagi-lagi Minta Tak Ada Pertanyaan Singkatan di Debat Pilpres

2014 lalu Jokowi tak bertanya kepanjangan singkatan namun peran TPID.
Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso
Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso

VIVA – Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Priyo Budi Santoso, mengusulkan agar pertanyaan yang diajukan dalam debat capres/cawapres nanti berkelas presidensial. Sehingga, menurut dia, tak perlu menanyakan soal singkatan atau akronim.

"Saya sebagai tim mengusulkan, hendaknya pertanyaan yang diajukan berkelas antarpresidensial. Bukan singkatan, akronim," kata Priyo dalam diskusi di kawasan Menteng Jakarta, Sabtu 12 Januari 2019.

Ia mencontohkan pada debat 2014 lalu, Jokowi pernah secara tak langsung menanyakan kepanjangan dari singkatan TPID atau Tim Pengendalian Inflasi Daerah. Ia pun mengaku kaget dengan singkatan itu karena sebagai pimpinan DPR saja, Priyo mengaku ia tak tahu istilah itu.

Diketahui, pada debat Pilpres 2014, Jokowi menanyakan soal peran TPID dan bukan kepanjangan singkatannya secara langsung. "Ini soal daerah. Kami ingin bertanya bagaimana soal meningkatkan peran TPID?" tanya Jokowi di lokasi acara di hotel Gran Melia, Jakarta, 15 Juni 2014.

Merespons hal itu lantas Prabowo lalu bertanya lagi,"TPID itu singkatan dari apa?"

Lalu Jokowi menjawab bahwa TPID adalah singkatan dari Tim Pengendali Inflasi Daerah.

"Masak nanti Pak Prabowo tanya soal rudal-rudal?" kata Priyo lagi.

Sekretaris Jenderal Partai Berkarya itu menegaskan tak mau menurunkan derajat negarawan menjadi sekelas dengan timses. Oleh karena itu Priyo ingin agar debat berkualitas.

 "Kami BPN dan beberapa teman ajukan format debat yang berkualitas dan bermartabat dan sangat bercita rasa presiden jadi bukan debat antar-timses tapi debat negarawan," kata mantan politisi Golkar itu. (ren)

loading...
Muat Lainnya...