Persiapan Personel Koarmada Jaga Keamanan Pemilu

Personel Komando Armada saat latihan pengamanan Pemilu
Sumber :
  • VIVA / Rifki Arsilan

VIVA – Panglima Komando Armada I (Pangkormada I), Laksamana Muda TNI Yudo Margono menyatakan, siap mendukung Polri untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi atau pemilu yang akan diselenggarakan pada 17 April mendatang.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Hal itu disampaikan Yudo dalam pidato penutupan latihan pengamanan pemilu legislatif dan presiden di wilayah Koarmada I tahun 2019, Senin 11 Februari 2019 di Mako Koarmada I, Jakarta Pusat.

"Sesuai amanat undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pemberian bantuan keamanan atas permintaan kepada Pemda dan Polri merupakan salah satu bagian dari 14 tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," kata Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Ia menjelaskan, latihan pengamanan pemilu legislatif dan presiden di wilayah Koarmada I itu diikuti oleh 230 prajurit TNI gabungan dari Koarmada I dan Lantamal III.

Selain latihan pengamanan lapangan, lanjut Yudo, seluruh prajurit TNI juga diberikan bekal sejumlah materi tentang hukum, HAM, serta tahapan pelaksanaan pemilu atau tentang kepemiluan.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

"Tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personel Koarmada I dan Lantamal seluruh jajaran agar memiliki kemampuan yang andal untuk melaksanakan operasi bantuan pengamanan atas permintaan Pemda dan Polri secara berhasil, berdaya guna, dan terintegritas dalam rangka kesiapsiagaan operasional satuan jajaran wilayah Koarmada I," ujarnya.

Ia juga menjelaskan, latihan gabungan pengamanan pemilu legislatif dan presiden itu juga digelar secara serentak di sejumlah Lantamal dan Lanal jajaran dibawahnya, diantaranya adalah Lantamal I Belawan, Lantamal II Padang, Lantamal III Jakarta, Lantamal IV Tanjung Pinang, dan Lantamal XII Pontianak. (EP).

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024