Artis Senior Farhan Soroti Kualitas Pendidikan

Farhan
Sumber :
  • Dok.ist

VIVA – Politisi Partai NasDem Muhammad Farhan mengatakan, ada ketimpangan kualitas pendidikan di kota dan daerah. Hal itu merupakan masalah besar.

Farhan NasDem Minta Ridwan Kamil Tegas Pilih Parpol

"Pertama akses terhadap fasilitas pendidikan dan kualitas pendidikan yang sama dan harus merata," ujar Farhan di Jakarta, Sselasa, 19 Februari 2019.

Farhan mengaku dari angka statistik jumlah lulusan pendidikan guru banyak mulai dari D1, D2, D3 sampai S1. Tetapi untuk lulusan dokter, terkonsentrasi hanya di Pulau Jawa. Bahkan di Jawa tidak merata, hanya di kota-kota besar.

Usul Menarik DPR buat Perusahaan yang Inisiatif Vaksin Mandiri

"Sehingga, misalnya Kota Bandung mengalami surplus guru honorer sementara ada beberapa di daerah lain seperti Lebak, Pandeglang, daerah terpencil jumlah guru sangat minim, kan aneh," katanya.

Kuncinya, kata dia, memang permasalahan pemerataan, baik fasilitas maupun akses pendidikan serta kualitas. Kalau untuk guru, dia menilai sudah bagus.

Ditangkap Karena Narkoba, Siapa Sebenarnya Artis Aulia Farhan?

"Nah, sekarang apa yang bisa kita lakukan kayanya kita mesti mikirin tentang insentif untuk para tenaga pengajar, insentif untuk fasilitas pendidikan dan lain-lain. Karena semua orang kalau ditanya apa sih yang paling penting? Pendidikan. Terus apa lagi yang paling penting? Kesehatan," katanya.

Presenter kondang itu menambahkan, sayangnya hanya sedikit orang yang mau mengurus dan menjaga fasilitas serta kualitas pendidikan. 

"Lagi-lagi, yang mendapatkan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang paling bagus ya hanya kelompok masyarakat yang berpenghasilan tinggi. Itu masalah," ucapnya.

Dia pun mempunyai program menyosialisasikan wajib belajar 9 tahun dan kombinasi dengan biaya operasional sekolah (BOS). Ditambah dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) harus menjadi bisa jadi senjata ampuh untuk melakukan pemertaan akses dan fasilitas pendidikan dasar dari kelas 1 sampai lulus SMP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya