Di Maumere, Sandiaga Terima Penyambutan ala Raja

Cawapres Sandiaga Uno saat di Maumere
Sumber :
  • BPN Prabowo-Sandi

VIVA – Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno melanjutkan aktivitas kampanyenya di Maumere, Nusa Tenggara Timur. Sandiaga tiba di Bandara Udara Frans Seda Maumere dari Makasar pukul 07.45 WITA, Senin, 25 Februari. Dia tampak mengenakan baju biru dan celana hitam.

Belasan Anak Dipekerjakan di Tempat Hiburan Malam di NTT

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 ini disambut dengan tarian Soka Papak yang dikenal sebagai tari pengawalan atau tari penyambutan. 

Tarian ini sejak zaman kerajaan dahulu digunakan untuk menyambut raja atau ratu yang datang mengunjungi daerah-daerah di wilayah Sikka Maumere. 

Pakar Hukum: Kerumunan di Maumere Spontan, Tak Ada Unsur Pidana

Perempuan dari berbagai usia dilaporkan mengenakan baju ungu dengan kain tenun khas Maumere sambil memegang potongan kayu di kedua tangannya dengan ujung aksesori dari bulu kuda. 

Sandi memperhatikan tarian dengan musik Maumere tersebut sementara para penari mengeluarkan suara-suara pemompa semangat. 

Test Antigen Pasca Kerumunan di NTT, Tak Ada Warga Positif COVID-19

"Ini kekayaan budaya yang harus diapresiasi. Indonesia begitu kaya dan beragam. Ini harus dijaga. Ini yang kita sebut dengan glokal, berpikir global dengan kearifan lokal," ucap Sandiaga dalam keterangan tertulis yang dirilis Badan Pemenangan Nasional (BPN).

Menurut Sandi, potensi tarian unik Soka Papak juga bisa menyerap lapangan kerja. “Luar biasa kayanya Indonesia  dengan budanyanya. Ini kekuatan untuk menyerap lapangan kerja dan selalu belajar dengan kearifan lokal. Ini harus terus kita jaga. Warisan budaya leluhur yang membuat Indonesia unik,” ujarnya.

Rencananya, Sandi akan berada di Maumere untuk bertemu dengan masyarakat UMKM, nelayan dan pengenalan OK OCE.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya