Kiai Ma'ruf Dinilai Bisa Bikin Islam Indonesia Lebih Sejuk

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA - Ribuan mubalig yang tergabung dalam organisasi Ikhwanul Mubalighin (IM), mendukung calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin, yang maju bersama calon Presiden Joko Widodo. Ketua Umum IM, Mujib Khudori, meyakini Kiai Ma'ruf mampu mengubah wajah Islam di Indonesia lebih sejuk.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Tak hanya Jokowi, belakangan para ulama yang dianggap berbeda haluan seperti Kiai Ma'ruf, Profesor Quraish Shihab, hingga Tuan Guru Bajang dan Ustaz Yusuf Mansur pun mereka fitnah dengan berbagai isu. Ini tidak sehat dan justru merusak sendi agama. Apalagi kemudian fitnah dan hoax itu kadang disampaikan oknum di mimbar, termasuk dalam khutbah Jum'at," kata Kiai Mujib, melalui siaran persnya, Jumat, 8 Maret 2019.

Kehadiran Kiai Ma'ruf dalam kancah politik nasional, menurut Kiai Mujib, merupakan berkah dan angin segar untuk para da'i dan umat Islam. Sebab, Kiai Ma'ruf dinilai bisa meredam dan menghentikan konflik berbau SARA yang selama ini digulirkan oleh sekelompok pihak.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Beliau adalah figur pengayom, bisa meredam dan memberi solusi atas sejumlah konflik. Beliau juga berkali-kali mengingatkan pentingnya menjadi muslim yang santun yang menjadi rahmatan lil 'alamin. Bukan muslim yang ahli melaknat dan mencaci-maki," ujar dia.

Baca juga: Jejak Politik Kiai Ma'ruf

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Mengingat pesan tersebut, menurut Kiai Mujib, dia bersama ribuan pengurus dan anggota IM akan berjuang memenangkan Kiai Ma'ruf, dengan tanpa menjadikan masjid dan mimbar khutbah sebagai komoditas politik.

"Sebab masjid seharusnya menjadi pemersatu umat. Kami tak akan ikut langkah kubu sebelah yang suka mencaci, agitasi dan kampanye politik dalam berkhutbah. Kami kampanye dengan dakwah bilhal. Dengan menunjukkan teladan bagi umat. Biar umat menilai bahwa para kiai dan mubalig pendukung Kiai Ma'ruf adalah da'i yang ramah, santun dan berakhlak mulia, seperti panutan kami," kata dia.

Terpisah, Ketua Ikatan Da'i Nusantara, Thobroni Abdul Ghoni, menegaskan pihaknya mendukung pasangan Jokowi-Kiai Ma'ruf, lantaran kesamaan visi untuk mewujudkan Indonesia yang harmonis. Mewujudkan kehidupan beragama yang ramah, toleran dan humanis.

"Kami bertekad untuk bersinergi, menghadirkan narasi keagamaan yang inklusif. Mengajak ummat untuk mewujudkan kehidupan islami yang inklusif dalam bingkai ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sebangsa)," tuturnya. (hty)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya