Sudah Cukup Bekali Diri, Ma'ruf Siap Debat Lawan Sandi

Kiai Ma'ruf Amin saat menerima para habib dari Jawa Timur.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA - Jelang debat, calon wakil presiden Ma'ruf Amin menjalani aktivitas seperti biasa. Belum lama ini, cawapres nomor urut 01 itu juga menerima kunjungan para habib dari Jawa Timur. Mereka datang untuk mendoakan sekaligus memberikan dukungan kepada Ma'ruf agar memenangkan Pilpres 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Habib Husein bin Ali Al Muhdar mengungkapkan, Ma'ruf telah dikenal kiprahnya dalam mengayomi umat. Sementara, dia juga menilai Presiden Jokowi adalah sosok yang bersih. Ditambah lagi, anak-anaknya tak terlibat proyek besar negara. Selain itu, pembangunan infrastruktur dibangun Jokowi secara istimewa.

"Jadi Presiden Jokowi dengan Kiai Ma'ruf ini adalah pasangan pemimpin yang sangat layak dipilih. Dan kami selalu berdoa agar beliau diberi kemudahan untuk memenangkan pilpres dan menjalankan amanah sebagai wapres nanti," ujar Habib Husein, seperti dalam siaran pers yang diterima VIVA, Minggu, 17 Maret 2019.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Ia menyebut bahwa hanya Indonesia di bawah Jokowilah yang benar-benar membela Palestina. Timur Tengah saja, kata dia, sudah dijual karena tak lagi mendukung Palestina.

Sementara itu, Ma'ruf Amin mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan para habib tersebut. Dukungan para habib dari Jawa Timur itu akan menambah kekuatan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Terkait dengan debat, Ma'ruf juga menyatakan dirinya sudah siap untuk menghadapinya. "Saya sudah cukup membekali diri. Siap untuk berdebat malam nanti," ujar Ma'ruf.

Beberapa hari terakhir, ia selalu berusaha membaca data capaian pemerintahan Jokowi dan referensi yang diperlukan. Hal itu diungkapkan oleh salah satu orang dekat Ma'ruf, Miftah Faqih.

"Bahkan, ada kamar khusus yang berserakan buku dan data-data yang diperlukan kiai," kata Miftah.

Ia sempat menanyakan kepada Ma'ruf apa semuanya sempat dibaca? "Kiai menjawab sebagian besar sudah. Yang pasti dia sudah menyiapkan keyword atau kata kunci yang akan disampaikan dalam debat," tutur Miftah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya