Ryan Wiedaryanto dan Kania Sutisnawinata Calon Moderator Debat Capres

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) berjabat tangan seusai mengikuti debat capres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat evaluasi debat ketiga dan persiapan debat capres putaran keempat. Dalam rapat yang dihadiri Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tersebut, diusulkan nama Ryan Wiedaryanto dan Kania Sutisnawinata sebagai calon moderator debat keempat pada 30 Maret 2019 mendatang.

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

“Dua nama itu yang diusulkan TV penyelenggara,” kata komisioner KPU Pramono Ubaid Tantowi di gedung KPU RI, Jakarta, Selasa 18 Maret 2019.

Namun menurut Pram, dua nama tersebut baru sekadar diusulkan pada KPU, BPN dan TKN. Dan kedua nama tersebut sedang dipertimbangkan oleh TKN dan BPN.

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

“Itu moderator yang diusulkan, tapi ini belum disepakati ya,” kata dia.

Keputusan apakah keduanya akan diterima atau tidak akan diputuskan pekan depan. “Sekitar hari Jumat nanti,” ucapnya.

Eks Koruptor Kembali Berpolitik, KPU: Tak Ada Larangan

Pram melanjutkan, saat ini KPU sedang menyiapkan nama-nama panelis untuk debat putaran keempat yang mengambil tema ideologi, pemerintahan keamanan serta hubungan internasional. Jokowi dalam debat itu akan berhadapan kembali dengan Prabowo.

“Panelis kita baru menyusun beberapa nama, masih belum selesai prosesnya sehingga belum bisa keluarkan nama-nama,” katanya.

Furqan Jurdi Pegiat Hukum (dok.pribadi)

Relasi Kuasa, Sex, dan Abuse of Power di KPU

Tindakan demikian menciderai asas yang paling mendasar dalam pemilu, yaitu pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2022