Jokowi: Pendidikan Pancasila Harus Kekinian, Tidak Indoktrinasi

Capres nomor urut 01 Joko Widodo bersama istri Iriana Joko Widodo tiba di lokasi untuk mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu, 30 Maret 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Calon presiden Joko Widodo menilai bahwa pendidikan Pancasila bagi bangsa Indonesia harus sejak dini. Bahkan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini sampai perguruan tinggi dan bahkan pascasarjana.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Pendidikan Pancasila itu penting, katanya, agar generasi penerus bangsa mengerti atau memahami bahwa Pancasila itu meliputi toleransi antarsesama masyarakat atau warga negara. 

"Anak-anak harus diberitahu bertoleransi, berkawan dengan saudara kita dengan 1.100 lebih bahasa daerah. Kehidupan sehari-hari yang ingin terus kita lakukan pendidikan," katanya dalam debat kandidat di Hotel Shangri-La, Jakarta, pada Sabtu, 30 Maret 2019.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Namun, Jokowi menekankan, pendidikan Pancasila era sekarang mesti berbeda dengan zaman dahulu; harus menyesuaikan dengan kondisi zaman. Pendidikan Pancasila tidak boleh lagi dengan metode indoktrinasi atau pencekokan ideologi.

Pemerintah, katanya, sudah membentuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, yang memang ditugasi untuk memberikan pendidikan Pancasila sesuai kondisi zaman sekarang. "Dengan cara kekinian, bukan indoktrinasi lewat media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain, agar bisa nyambung [dengan generasi sekarang]."

KPU: Andai Anies-Cak Imin Menang, Apa Tetap Persoalkan Pencalonan Gibran?
Presiden Joko Widodo.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mau berkomentar namanya disebut-sebut dalam sidang gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024