KPU Ingin Debat Pamungkas Pilpres Jadi Rujukan Pemilih - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 10 April 2019 | 15:35 WIB

KPU Ingin Debat Pamungkas Pilpres Jadi Rujukan Pemilih

Seluruh calon harus penyampaian visi dan misi kepada rakyat Indonesia.
Panelis dan moderator debat pilpres melakukan penandatanganan pakta integritas.
Photo :
  • Bayu Nugraha

Panelis dan moderator debat pilpres melakukan penandatanganan pakta integritas.

VIVA – Panelis dan moderator debat kelima capres dan cawapres melakukan penandatanganan pakta integritas di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu 10 April 2019. Penandatangan yang disaksikan langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman itu dilakukan untuk menjamin kerahasiaan pertanyaan debat.

Arief mengatakan, debat terakhir atau kelima merupakan rangkaian akhir dari debat pilpres yang diselenggarakan KPU. Untuk itu, kata dia debat ini menjadi satu hal yang sangat penting karena biasanya klimaksnya berada di bagian akhir ini.

"Kami sangat berharap betul-betul terurai yang jadi klimaks yang dibutuhkan Indonesia, apalagi ini tema ekonomi yang menyangkut hajat orang banyak," kata Arief di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu, 10 April 2019.

Dalam debat pamungkas ini, dirinya berharap agar para panelis mampu memaksimalkan diri untuk membuat sejumlah pertanyaan agar mampu menggali visi misi dari setiap calon.

Apalagi, ia ingin ajang debat ini menjadi kampanye paslon capres cawapres untuk penyampaian visi dan misi kepada rakyat Indonesia.

"Semoga ini bisa dipoles sehingga publik mendapatkan informasi dan masukan-masukan yang dia gunakan untuk background siapa yang dia pilih. Ini bukan hanya menentukan paslon dan pemilih tapi juga bagi KPU apakah ini menarik atau enggak," katanya.

Disisi lain, dirinya juga berharap agar pelaksanaan debat terakhir itu bisa berjalan lancar dan kondusif mengingat diwaktu yang sama juga menjadi masa akhir kampanye akbar bagi para kandidat.

Karena itu, ia menuturkan kalau KPU sudah berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk mengamankan jalannya debat terakhir ini.

"Debat kelima itu begitu selesai, langsung masa tenang. Kalau abis debat ada kegaduhan terus dibahas ini gawat. Mudah-mudahan debat kelima berlangsung baik dan lancar walaupun atas permintaan partai pengusul mereka minta undangan pendukung ditambah," katanya.

"Mohon bisa jadi perhatian banyak pihak. Debat kelima ini juga bertepatan dengan kampanye terakhir yang lokasinya berdekatan dengan stadion tempat lokasi kampanye salah satu paslon," ujarnya.

Sementara itu, koordinator panelis debat kelima Muhammad Nasih mengaku senang bisa menjadi panelis. Kendati demikian pihaknya merasa tertantang karena menjadi panelis dalam debat terakhir.  

"Kami bertugas membawa banyak hal ke puncak tadi, tapi besoknya juga harus (masa) tenang. Ini tantangan bagi kami. Tapi demi bangsa dan negara kami berkomitmen jadi panelis yang obyektif dan mudah-mudahan membawa debat kelima sesuai harapan," ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap apa yang nantinya disiapkan oleh panelis dalam debat terakhir itu bisa meyakinkan para pemilih untuk memilih salah satu pasangan calon yang dianggap terbaik.

"Ini tantangan berat. Kami semua berkomitmen untuk selalu menjaga integritas kami. Kami akan menyusun pertanyaan yang sangat obyektif ilmiah dan tak memihak salah satu paslon," kataya.

Untuk diketahui, debat kelima pilpres yang akan diikuti oleh capres dan cawapres ini akan dimoderatori oleh Balques Manisang dan Tomy Ristanto. Tema debat yaitu ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri.

Debat terakhir digelar di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta pada Sabtu, 13 April 2019. Empat stasiun TV yang akan menayangkan debat kelima yaitu tvOne, ANTV, Berita Satu dan Net TV.

loading...
Muat Lainnya...