Jokowi Bantah Manfaatkan BUMN

Calon Presiden petahana, Joko Widodo.
Sumber :
  • Adinda Purnama Rachmani/VIVA.co.id

VIVA –  Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo membantah tudingan yang menyebut dirinya memanfaatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk kepentingan politik.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jokowi memastikan tak akan menyeret BUMN untuk urusan politik, termasuk dalam rencana kampanye akbar konser putih bersatu di Stadion Utama Glora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu 13 April 2019 mendatang.

"Urusan politik, politik, urusan pemerintahan, pemerintah. Urusan BUMN, BUMN. BUMN mau ulang tahun itu urusan BUMN, yang jelas di GBK itu urusan politik. Tidak ada campur aduk antara BUMN dan politik, pemerintahan dan politik. Enggak ada," kata Jokowi saat diwawancarai di Probolinggo, Rabu 10 April 2019.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Jokowi juga menepis kabar akan memanfaatkan pegawai BUMN sebagai massa pendukungnya dalam kampanye akbar di GBK. Apalagi, menurut Jokowi acara HUT BUMN akan berlangsung di Semarang.

"Kampanye terbuka di GBK itu urusan politik. Kalau ulang tahun BUMN, tanyakan ke BUMN, ke menteri. Saya dengar ada di Semarang (HUT BUMN), jadi beda," tegasnya.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Sebelumnya, beredar surat undangan puncak perayaan hari ulang tahun atau HUT BUMN di media sosial, yang salah satunya dikutip dan diunggah oleh mantan Ketua ICMI dan mantan Staf Khusus Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Said Didu.

Undangan perayaan ulang tahun BUMN itu disebutkan, akan mengumpulkan pekerja dan keluarga pekerja BUMN hingga 150 ribu orang.

Di dalam surat undangan, juga diterangkan bahwa setiap peserta diwajibkan memiliki akun LinkAja sebelum pelaksanaan. Acara itu dilangsungkan pada 13 April 2019, namun untuk tempat tak dirincikan. Surat ini disebutkan mulai diedarkan ke BUMN-BUMN.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya