Ma'ruf Amin Gagas 'Dewi' dan 'Dedi' untuk Genjot Ekonomi Desa

KH Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Calon wakil presiden Ma'ruf Amin melontarkan satu gagasan baru untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian perdesaan ketika dia memaparkan visi dan misinya dalam debat kelima dua pasangan calon presiden dan wakil presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu malam, 13 April 2019.

Kemenag Berikan Akselerasi Sertifikasi Halal di Tiga Ribu Desa Wisata

Kedua gagasan itu dia sebut dalam dua akronim Dewi dan Dedi. Dewi adalah desa-desa wisata, sementara Dedi ialah desa-desa digital. Desa-desa wisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan wisata, sementara desa-desa digital ialah penyelarasan perekonomian desa melalui digitalisasi atau penggunaan teknologi informasi.

"Di desa-desa akan kami ciptakan: Dewi, yaitu desa-desa wisata; dan Dedi, yakni desa-desa digital," ujarnya.

Subak Jatiluwih Bali Masuk Nominasi Desa Wisata Terbaik Dunia Versi UN Tourism

Semua itu, katanya, akan diselaraskan juga dengan program pemberdayaan perempuan melalui kredit mikro. Dia mencontohkan program kredit usaha mikro (UMI) dan bank mikro, seperti halnya yang sudah dikembangkan di pesantren-pesantren.

"Nasabah-nasabahnya adalah kaum perempuan. Ibu-ibu merasa tertolong dan merasa sangat bermanfaat. Ini akan terus kami bangun ke depannnya," katanya. (mus)

Jadi Destinasi Desa Wisata, Wahana Alam Parung Bikin Liburan ke Tasik Makin Asyik
Desa wisata Jatiluwih di Tabanan, Bali

6 Destinasi Menakjubkan di Bali yang Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum

Dalam waktu dekat ini, Bali juga akan menjadi tuan rumah event dunia dalam ajang World Water Forum Ke-10. Forum Air Dunia

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024