Pasangan Prabowo-Sandi Disebut Paling Banyak Gunakan Kata Unik

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA –  Pasangan calon presiden dan wakil presiden dengan nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, disebut sebagai paslon yang paling banyak mengeluarkan kata-kata unik, saat debat terakhir pada Sabtu malam, 13 April 2017. 

Anak di Palembang Tega Aniaya Orang Tua Gara-gara Beda Pilihan Capres

Melalui survei yang dirilis oleh lembaga Bahasa Kita, pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno disebut paling banyak bicara dengan angka 54,3 persen. Sedangkan pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin berbicara lebih sedikit, dengan angka 45,7 persen.

Pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, juga disebut sebagai pasangan yang paling banyak mengeluarkan kata unik, dengan angka 52 persen.

Fadil Jaidi Unggah Kebersamaannya Dengan Keluarga Anies Baswedan

Menurut lembaga Bahasa Kita, untuk kata dasar yang paling sering disebut, pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno banyak menyebut kata salah, Indonesia, bangsa, kerja. Sedangkan kubu petahana, paling sering menggunakan kata ekonomi, bangun, kembang, produk, dan halal.

Melalui rilis yang diterima VIVA pada Minggu 14 April 2019, Lembaga Bahasa Kita juga menyampaikan, pada topik debat Ekonomi dan Investasi, pasangan Prabowo-Sandi mengeluarkan kata kunci sebanyak 126 kata, sedangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin hanya mengeluarkan 68 kata. 

Rocky Gerung soal Debat Terakhir Capres: Anies Cerdas, Prabowo Sejuk, Ganjar Angkuh

Kondisi berbeda terjadi pada segmen topik Keuangan dan Investasi. Pada segmen ini, pasangan Jokowi-Ma'ruf lebih tinggi dibanding Prabowo-Sandi dalam hal mengeluarkan kata dasar. Pasangan Jokowi-Ma'ruf mengeluarkan 26 kata kunci unik, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi hanya mengeluarkan 21 kata.

Sedangkan di segmen Perdagangan dan Industri, pasangan Prabowo-Sandi kembali melontarkan kata kunci sebanyak 51 kata. Sedangkan Jokowi-Ma'ruf Amin, hanya menggunakan kata kunci sebanyak 41 kata. (asp)

Mayor Teddy

Profil Mayor Teddy, Dari Asisten Ajudan Jokowi Kini Jadi Ajudan Prabowo yang Diidolakan Kaum Hawa

Terlebih belum lama ini sosok Mayor Teddy menuai sorotan, usai dirinya viral saat membopong wanita yang pingsan, saat berlangsungnya kampanye akbar Prabowo-Gibran di GBK.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2024