Gudang KPU Pesisir Selatan Terbakar, Ada Ratusan Kotak Surat Suara

Kejadian kebakaran di gudang surat suara di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
Sumber :
  • istimewa/ Andri Mardiansyah

VIVA – Gudang penyimpanan logistik Pemilu di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Senin dini hari, 22 April 2019. Kebakaran terjadi pada pukul 01.00 WIB.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Akibat kejadian kebakaran ini, ada beberapa kotak suara berikut dengan surat suara yang terbakar. Dari informasi, ada 785 kota suara dan 36.000 surat suara yang tersimpan di dalam gudang itu.

Komisioner KPU Pesisir Selatan, Medo menyebutkan, yang terbakar memang gudang logistik pemilu yang berada di kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Tarusan. Hingga kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Selatan, masih melakukan pendataan, untuk memastikan total kotak dan surat suara yang terbakar.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

“Total kotak suara yang terbakar sedang kita proses. Kita lagi kerja, kawan-kawan lagi cek mana yang kena atau tidak,”kata Medo melalui sambungan seluler, Senin 22 April 2019.

Menurut Medo, seluruh kotak suara dan surat suara tersimpan di gudang PPK Tarusan. Jumlah ini berdasarkan 175 tempat pemungutan suara. Bila dikalikan 5 kotak suara per TPS, maka jumlah kotak suara yang tersimpan 785.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

“Untuk surat suara belum bisa kita pastikan. Itu belum bisa kita pastikan karena masih ada kantong-kantong surat suara yang sekarang belum bisa dipastikan. Tapi ini belum direkap,” kata Medo.

Hingga saat ini KPU Pesisir Selatan masih menunggu petunjuk dari KPU Sumbar dan Bawaslu untuk memastikan langkah apa yang akan diambil terkait kejadian ini. Kejadian kebakaran ini juga sudah dilaporkan dan dalam penyelidikan polisi.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024