Prabowo Unggul Sementara dari Jokowi di Ranah Minang
Sabtu, 11 Mei 2019 | 19:53 WIB

Prabowo Unggul Sementara dari Jokowi di Ranah Minang

Prabowo unggul di 13 kabupaten/kota.
Pendukung pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Pendukung pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

VIVA – Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto kembali berhasil mengalahkan perolehan suara calon presiden Joko Widodo di Sumatera Barat. 

Meski Jokowi-Ma’aruf Amin didukung 12 kepala daerah di Ranah Minang, namun tidak berpengaruh. Jokowi kembali kalah dari Prabowo untuk kedua kalinya dalam pemilihan presiden.

Rekapitulasi perolehan suara pemilu 2019 tingkat provinsi saat ini sudah rampung untuk 13 kabupaten dan kota. Hasilnya, menunjukkan Prabowo-Sandi berhasil meraup 1.422.995 Suara. Sedangkan untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf meraih 243.850 suara.

Ke-13 daerah yang telah rampung melakukan rekapitulasi itu, di antaranya Kabupaten Pesisir Selatan, Sijunjung, Tanah Datar, Padang Pariaman, Agam, Mentawai, Solok, Dharmasraya, Kota Solok, Padang Panjang, Pariaman, Sawahlunto, dan Bukittinggi. 

"Ini kan proses masih berjalan, ya. Teman-teman bisa melihat hasil dari kabupaten dan kota, hasil rekapitulasi ini akan kita selesaikan hingga hari ini. Memang hasil rekapitulasi sementara pasangan nomor urut 02 lebih dominan," kata Ketua KPU Sumatera Barat, Amnasmen, Sabtu, 11 Mei 2019.

Meski demikian, kata Amnasmen, rekapitulasi suara di tingkat provinsi ini masih belum seluruhnya rampung. Masih ada enam kabupaten dan kota yang masih belum, yakni Kabupaten Limapuluh Kota, Pasaman, Solok Selatan, Pasaman Barat, Kota Padang dan Payakumbuh. Ditargetkan rekapitulasi akan rampung hari ini. 

"Hari ini kita lanjutkan untuk enam daerah yang masih tersisa. Target kita, enam daerah ini selesai dan tuntas hari ini," ujar Amnasmen.

Artikel Terpopuler