Bawaslu Klaim Pemilu 2019 yang Paling Transparan

Ketua Bawaslu Abhan berpidato di hadapan peserta apel patroli pengawasan anti politik uang Pemilu 2019 di Lapangan Banteng, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Ketua Badan Pengawas Pemilu Abhan menolak tudingan beberapa kalangan bahwa pemilu 2019 terburuk dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

“Kalau menurut kami, tidak. Kalau menurut penyelenggara, ini yang paling transparan. Pemilu ini sangat transparan, semua bisa dilihat," kata Abhan usai berbicara dalam sebuah forum diskusi di kawasan Tanah Abang Jakarta, Selasa 28 Mei 2019.

Namun Abhan menilai pada dasarnya masih ada kekurangan dalam pemilu 2019, meski terkatagori wajar dan manusiawi.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Dari sisi pengawasan, menurutnya, Bawaslu sudah bekerja maksimal. Ia mencontohkan salah satu sikap tegas Bawaslu dengan mengeluarkan perintah Pemungutan Suara Ulang (PSU) saat ditemukan kecurangan.

"Dengan kami membuat rekomendasi sekian banyak PSU, ini kan bagian dari ada yang salah dibenarkan. Ya, itu buktinya," ujarnya.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Ia pun menolak bila tindak pidana pemilu yang dilaporkan ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) tak ada tindak lanjut. Dia mengingatkan Bawaslu tak mempunyai kewenangan penuh di Gakkumdu itu, karena lembaga itu meliputi juga Polri dan Kejaksaan.

Proses awalnya memang di Bawaslu. Tetapi, kalau sebuah laporan temuan pelanggaran akan dilanjutkan ke tahap penyidikan, harus ada kesepakatan antara Bawaslu, Polri, dan Kejaksaan. “Kalau tiga lembaga keputusannya tidak bisa, ya sudah. Tapi harus diskusi untuk punya argumentasi.” (ren)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Pelaksanaan Pemilu 2024, yang rekapitulasi suara tuntas dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum, KPU pada Rabu malam, 20 Maret 2024, dinilai sangat kondusif. Dibanding 2019.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024