PKB Minta Kubu Prabowo Bubarkan Buzzer di Media Sosial - VIVA
X
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Rabu, 10 Juli 2019 | 06:53 WIB

PKB Minta Kubu Prabowo Bubarkan Buzzer di Media Sosial

Para buzzer itu bersumbangsih terhadap opini masyarakat di kedua kubu.
Lukman Edy.
Photo :

Lukman Edy.

VIVA – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa Lukman Edy menilai rekonsiliasi di tingkat elite belum selesai karena memang masih terdapat polarisasi masyarakat.

"Rekonsiliasi belum selesai di tingkat elite. Di tingkat masyarakat sudah selesai. Tinggal 15 persen yang masih keras, itu jadi tugas yang kita selesaikan," kata Lukman dalam diskusi di tvOne, Jakarta, Selasa malam, 9 Juli 2019.

Rekonsiliasi, katanya, ada berbagai macam namun pada dasarnya masing-masing pihak harus bertanggung jawab menurunkan tensi pendukungnya, misalnya menertibkan buzzer alias pegiat-pegiat media sosial yang selama ini aktif di kedua kubu.

Diakui atau tidak, menurutnya, para buzzer itu bersumbangsih terhadap opini masyarakat di kedua kubu. Kubu pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengklaim sudah membubarkan para buzzer-nya. “[kubu] 02 bubarin juga dong. Enggak usah lagi perang udara. Kubu 02 harus terima putusan Mahkamah Konstitusi.”

Ia mencontohkan bagaimana efektifnya pertemuan Jokowi dengan elite parpol mampu meredakan perselisihan antar-pendukung masing masing-masing kandidat. Misalnya, saat Jokowi bertemu dengan Ketua Umum PAN, maka massa PAN dan Muhammadiyah menjadi 'cair'.

"Jokowi juga silaturahmi dengan AHY dan SBY. Itu yang terjadi efektif cairkan para konstituen Demokrat terhadap polarisasi. Itu tawaran-tawaran bertemu dengan Prabowo dilakukan," kata Lukman.

loading...
Muat Lainnya...