Dukung Prabowo-Sandi, Komunitas Ojol Siap Bantu Kawal TPS

Komunitas Ojol dukung Prabowo-Sandi, siap kawal TPS
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA – Perwakilan komunitas ojek online (ojol) menyatakan dukungannya untuk Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Komunitas ini mendeklarasikan dukungan di kantor Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Jalan Kertanegara, Jumat, 14 Desember 2018.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

"Deklarasi hari ini adalah penegasan sikap kita. Hari Jumat yang lalu kita juga sudah berkumpul di rumah Pak Prabowo, kita menyampaikan beberapa poin-poin keluhan kita yang mendasar kepada beliau," kata Juru Bicara Forum Gabungan Roda 02 yang di dalamnya tergabung pengemudi ojek online (ojol), Zulfikar.

Dukungan komunitas ojol untuk Prabowo-Sandi, kata Zulfikar, sangat beralasan. Sejak 2016, dia mengungkapkan, para ojol berjuang untuk mendapatkan regulasi yang menaungi bisnis transportasi online khususnya roda dua ke berbagai kalangan termasuk pemerintah.

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

Namun, Zulfikar mengaku, yang mereka dapatkan hingga hari ini hanya ketidakjelasan regulasi yang mengatur khusus transportasi online.

"Perjuangan kita juga sudah ditempuh sampai ke DPR kita lakukan demo. Sampai akhirnya tidak ada hasil," tuturnya.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Lalu, upaya lain seperti pada 1 Mei, dengan bergabung dalam aksi buruh. Cara ini agar bisa dilihat publik. Menurut dia, duet Prabowo-Sandi punya harapan baru terhadap nasib ojol.

"Nah kita melihat ada harapan baru atas keberpihakan Pak Prabowo terhadap nasib buruh dengan tanda tangan kontrak politik. Ini juga menjadi penegasan kita bahwa harapan kita juga bukan keniscayaan," katanya.

Terkait pidato Prabowo yang menyinggung soal banyaknya lulusan SMA yang menjadi pengemudi ojol, menurut Zulfikar, hal tersebut bukan penghinaan melainkan sebuah fakta di lapangan. Di depan puluhan komunitas ojol yang hadir di kantor BPN, Zulfikar memastikan pihaknya akan mengawal Pilpres 2019 dari TPS hingga kecamatan.

"Itu faktanya karena saat ini tidak ada pilihan. SDM yang ada di ojol sangat luar biasa. Tidak semua ojol lulusan SD, tapi ada juga sarjana. Apa yang disampaikan Pak Prabowo memang faktanya. Dalam data kami sebanyak 205 wadah dan komunitas ojol dan 12 ribu anggota kami siap mengawal kotak suara," kata dia.

Driver online ikut pembekalan relawan Prabowo-SandiIlustrasi ojol dukung Prabowo-Sandi. Foto: Anwar Sadat

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi, Mayjen (Purn) TNI Musa Bangun mengaku sangat gembira terus bertambahnya dukungan dari komunitas ojol, selain dari elemen-elemen masyarakat lainnya.

"Bahwa teman-teman datang ke sini untuk memberikan dukungan, apalagi sampai pada pelaksanaan di TPS-TPS itu. Itu memang seusai harapan kita untuk mengawasi hasil pemilu dan menghindari hal-hal yang kita tidak inginkan," kata Musa.

Terus mengalirnya dukungan dari komunitas ojol untul Prabowo-Sandi, membuat dirinya optimistis dapat memenangi Pilpres 2019. Dia menambahkan, cita-cita Prabowo yang menginginkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia memang harus didukung banyak elemen.

"Kami sangat menghargai (dukungan komunitas ojol). Apa yang diperjuangkan Pak Prabowo sudah jelas dalam visi misi beliau, bahwa beliau punya keinginan ingin melihat rakyat semuanya tersenyum," kata Musa. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya