Pembangunan Infrastruktur Jadi Keunggulan Jokowi

Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir ketika menghadiri milad satu abad Madrasah Muallimin dan Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta di Yogyakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Hasil terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) bersama Indonesia Corruption Watch (ICW) memperlihatkan pembangunan infrastruktur menjadi keunggulan era pemerintahan Joko Widodo. Pembangunan infrastruktur dinilai publik makin membaik di era Jokowi.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Peneliti senior LSI, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, merujuk hasil riset bahwa responden senang dengan pencapaian pembangunan infrastruktur seperti jalan umum, jalan tol, hingga jembatan.

"Bukan sekedar klaim tapi ini diakui publik. Sebanyak 72 persen masyarakat responden melihat pembangunan bidang infrastruktur era Jokowi seperti jalanan umum, jalanan tol semakin baik," kata Burhanuddin dikutip dalam keterangannya, Selasa, 11 Desember 2018.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Dia menjelaskan selain infrastruktur, publik juga puas dengan sektor pelayanan kesehatan. Pemerintahan era Jokowi dinilai mampu memberikan pelayanan yang lebih terjangkau.

"Ada 8 item nilainya di atas 50 persen atau mengatakan lebih baik termasuk membangun jalan tol dan jalur jalan antarprovinsi di Jawa dan luar Pulau Jawa," jelas Burhanuddin.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

Survei LSI ini dilakukan kepada 2.000 responden yang dipilih secara acak. Survei dengan menggunakan metode multistage random sampling. Waktu survei LSI dilakukan pada 8-10 Oktober 2018. Margin of error kurang lebih sebesar 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Jokowi Fokus

Jokowi yang juga capres nomor urut 01 akan memfokuskan diri untuk membangun sumber daya manusia (SDM) usai gencar pembangunan infrastruktur. Eks Gubernur DKI itu siap membangun SDM jika terpilih sebagai presiden di periode kedua.

Jokowi menekankan perencanaan pembangunan SDM tersebut masih dalam tahap pematangan.

"Setelah besar-besaran kita bangun infrastruktur, tahapan besar kedua nanti adalah pembangunan SDM juga secara besar-besaran. Hanya memang ini belum kita sampaikan secara detail," kata Jokowi di depan relawan di Ancol, Jakarta Utara, Senin, 10 Desember 2018.

Jokowi kembali menyinggung pentingnya pembangunan infrastruktur selama empat tahun era pemerintahannya. Bagi dia, pembangunan infrastruktur jadi fokus utama sebagai tolak ukur kemajuan sebuah negara.

"Namanya infrastruktur itu prasyarat, pembangunan sumber daya manusia adalah pondasi yang harus juga kita kerjakan," jelas Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya