Ganjar Pranowo Optimistis 2021 Jateng Bebas Sanitasi Buruk
Minggu, 3 Maret 2019 | 16:59 WIB

Ganjar Pranowo Optimistis 2021 Jateng Bebas Sanitasi Buruk

Ganjar meresmikan bantuan jambanisasi di Kabupaten Wonosobo.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meresmikan bantuan jambanisasi di Wonosobo.
Photo :
  • Dwi Royanto

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meresmikan bantuan jambanisasi di Wonosobo.

VIVA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menargetkan seluruh wilayahnya akan 100 persen bebas dari perilaku buang air besar sembarangan pada tahun 2021. Saat ini gerakan Open Defecation Free (ODF) atau tidak buang air sembarangan itu terus digenjot di seluruh pelosok daerah.

Menurut Ganjar, gerakan 100 persen ODF yang terus digenjot di 35 daerah di Jawa Tengah menjadi faktor penting dalam menekan angka kemiskinan. Jika masyarakat tidak buang air besar sembarangan, maka kehidupan warga akan sehat dan sejahtera.

"Gerakan 100 persen ODF ini memang kami kebut sebagai langkah menekan angka kemiskinan dari subsektor yang terkecil yakni persoalan sanitasi," kata Ganjar saat meresmikan bantuan jambanisasi di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Minggu 3 Maret 2019.

Dampak perilaku buang air besar sembarangan, menurut Ganjar akan sangat rentan membuat masyarakat terserang penyakit. Menurut berbagai penelitian banyak penyakit yang ditimbulkan dari virus yang bersumber dari sanitasi tidak sehat seperti halnya tipes, kolera, disentri, diare hingga penyakit lainnya.

loading...
Artikel Terpopuler