CEK FAKTA: Pemerintah Kelola Blok-blok Migas dari Asing

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyampaikan visi misinya dalam debat kelima atau debat terakhir pada Sabtu malam, 13 April 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jokowi mengatakan, selama 4,5 tahun terakhir bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla berjuang mengembalikan watak asli pembangunan Indonesia, yang akan bertumpu pada pemerataan.  

Calon petahana itu juga menyampaikan, pemerataan itu yang membuat pemerintahannya berjuang kembali mengambil alih sumber daya alam yang selama ini dikuasai asing, dikembalikan kepada negara. Ia merujuk pada pengelolaan Blok Rokan, Blok Mahakam, dan Freeport Indonesia. 

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Paslon nomor urut 01 itu memastikan, akan memperjuangkan kemandirian Indonesia. Karena dengan mandiri, maka ekonomi yang adil dan sejahtera bisa diwujudkan. 

Cek Fakta:

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Dikutip dari “Kinerja Empat Tahun” Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di situs presidenri.go.id disebutkan pemerintah mengambil alih blok-blok migas besar dan menyerahkannya kepada Pertamina. Upaya itu demi kuatnya ketahanan energi nasional.

Pengalihan pengelolaan blok-blok migas besar yang habis kontrak kepada Pertamina pada 2018.

- Blok Rokan (berakhir Agustus 2021).
- Blok Mahakam (berakhir Desember 2017).

Setelah 50 tahun dikelola Total E&P, Blok Migas Mahakam dikelola Pertamina sejak Januari 2018.

Potensi pendapatan negara dari pengalihan pengelolaan blok migas Rp825 triliun (2021-2041).

Divestasi Freeport Indonesia:
Setelah 50 tahun dikuasai pihak asing, Indonesia akhirnya menguasai 51 persen saham Freeport Indonesia. Sebesar 10 persen divestasi saham Freeport untuk Papua. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya