BMKG: Hoax Akumulasi Energi Sunda Megathrust Hampir Kritis

Dampak Tsunami Selat Sunda
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) angkat bicara terkait dengan berkembangnya berita yang viral di media sosial mengenai akan terjadi gempa besar berkekuatan magnitudo 9,0 pasca terjadinya gempa Banten magnitudo 6,9 pada Jumat malam, 2 Agustus 2019. Gempa dipicu karena gesekan Sunda Megathrust yang sudah ada sejak lama.

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Informasi tersebut beredar dari grup geologi Institut Teknologi Bandung (ITB), mengenai akumulasi energi Sunda Megathrust yang hampir kritis pasca gempa Banten tersebut.

"Isu yang berkembang tersebut tidak benar, karena peristiwa gempa bumi hingga saat ini belum dapat diprediksi oleh siapapun, kapan, di mana, dan berapa kekuatannya," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono kepada VIVAnews, Sabtu 3 Agustus 2019.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono

Kabid Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Dijelaskan Daryono, gempa bumi terjadi akibat deformasi batuan yang terjadi secara tiba-tiba pada sumber gempa yang sebelumnya mengalami akumulasi medan tegangan (stress) di zona tersebut. Sehingga, pemikiran bahwa sebuah gempa dapat memicu sumber gempa lain belum dapat dibuktikan secara empiris.

Teori yang berkembang saat ini baru bisa menjelaskan bahwa sebuah gempa dapat membangkitkan picuan statik karena adanya perubahan stress di sekitar pusat gempa yang kemudian dapat meningkatkan aktivitas gempa susulan (aftershocks) di sekitar gempa utama.

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang namun waspada dan tidak percaya kepada isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," katanya.

Selain itu, yang lebih penting dan urgent adalah melakukan langkah-langkah kesiapan sebelum, saat, dan setelah terjadi gempa bumi. Siapkan bangunan rumah sesuai dengan konstruksi aman gempa, siapkan perabotan-perabotan yang kuat dan dapat menjadi tempat perlindungan sementara saat terjadi gempa.

"Siapkan jalur evakuasi yang aman di lingkungan tempat tinggal Anda, serta menyediakan lahan untuk titik kumpul yang aman," ujarnya.

Sementara itu, begini informasi hoax yang tersebar dari group Geologi ITB.

Jarak antar gempa semakin pendek dan tiba-tiba aktifnya gunung Tangkuban Perahu, bisa jadi merupakan indikasi akumulasi energi patahan sunda (sunda megathrust) hampir mencapai titik kritis. jika atas seizin Allah SWT tercapai titik tersebut, gempa yang selama ini dikhawatirkan dengan besar 9 skala richter berpeluang terjadi.

Bagi Jabodetabek, yang dikhawatirkan adalah aktifnya patahan tersebut memicu pula aktivitas patahan Baribis yang memanjang dari Pasar Rebo hingga Ciputat, serta patahan Lembang di Bandung. wallahu'alam. persiapan diri harus dilakukan sejak sekarang. Friends, ini warning, bukan menakut-nakuti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya