Cek Fakta: Umat Islam Arab Murtad, Rokok Sampoerna, Ancaman Jokowi

Cek Fakta: Umat Islam Arab Murtad, Rokok Sampoerna, Ancaman Jokowi

Senin, 11 Mei 2020 | 06:00 WIB
Anda harus membaca berita ini untuk memastikan faktanya.

VIVA – Masyarakat sempat beberapa hari dalam pekan lalu heboh karena kabar tentang sebuah asteroid raksasa akan melintasi Bumi pada hari keempat belas bulan Ramadhan. Kabar itu membikin panik karena dikhawatirkan akan menghantam Bumi dan mencelakai makhluk hidup di Bumi termasuk manusia. Bahkan disebut sebagai kiamat kecil.

Namun, beberapa hari kemudian perhatian masyarakat dialihkan lagi dengan kabar yang menyebutkan bahwa banyak umat Islam di Arab Saudi menjadi murtad atau berpindah agama karena wabah virus corona. Sebuah video yang memperlihatkan upacara pembukaan gereja di Mekkah diklaim sebagai bukti kabar itu.

Rumor lainnya berkembang tentang rokok-rokok dari produk PT HM Sampoerna yang dikabarkan ditarik dari peredaran dan dimusnahkan menyusul sejumlah karyawan pabrik itu yang positif terinfeksi virus corona. Juga kabar tentang ancaman Presiden Joko Widodo yang akan menghukum penjara seumur hidup bagi kepala daerah yang ketahuan mempermainkan bantuan sosial untuk masyarakat terdampak Covid-19.

Aneka kabar burung yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya itu meramaikan jagat media sosial dalam sepekan lalu. Tim VIVA Fakta telah menelusuri dan menginvestigasi faktanya. Simak ulasannya dalam artikel-artikel berikut ini:  

1. Wabah corona bikin umat Islam di Arab banyak murtad

Beredar sebuah rekaman video di Youtube dengan klaim pembukaan gereja di Mekkah, Arab Saudi. Di antaranya diunggah akun Youtube "Yang Tersembunyi" pada 15 Januari 2020.

Baca: Umat Islam Arab Banyak yang Murtad Karena Corona, Cek Faktanya

2. Masker mengandung obat bius

Viral pesan berantai berisi peringatan untuk berhati-hati saat menerima masker gratis karena disebut mengandung obat bius. Pesan tersebut viral di aplikasi WhatsApp. Bagaimana faktanya?

Berita Terkait :
Saksikan Juga