Corona Ditemukan Bertahan Lebih Lama dalam Sperma, Ini Faktanya

Ilustrasi sperma.
Sumber :
  • CCRM

VIVA – Sebuah penelitian mengklaim temuan adanya virus corona pada sperma seorang pria yang telah sembuh dari virus corona covid-19. Dikhawatirkan virus ini bisa menular melalui hubungan seks.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Verifikasi Fakta

Mengutip VIVA.co.id, dilansir dari The Sun, para Ilmuwan China menganalisis hasil pemeriksaan 38 pasien yang terinfeksi corona. Sebanyak 15 orang masih dirawat di rumah sakit dan sisanya sembuh.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Secara keseluruhan, sebanyak 16 persen atau enam pria tersebut memiliki virus corona dalam sperma mereka. Lalu, dua di antaranya sudah dinyatakan sembuh dari sakit mereka.

Para peneliti menganalisa virus tersebut lebih lama berada dalam testis. Bahkan, itu bisa menyebar melalui hubungan seks.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Para ahli pun menyarankan agar para pria harus mempertimbangkan untuk menahan diri bercinta atau menggunakan kondom demi menghentikan penyebaran virus.

Dalam tulisan di jurnal JAMA Network Open, Peneliti Dr Shixi Zhang dari Rumah Sakit Kota Shangqiu menyatakan virus corona bertahan hidup pada sperma pasien yang sembuh. Hal ini membuka peluang untuk menginfeksi orang lain.

Uji coba lebih besar, ia menambahkan, menunjukkan virus corona ditularkan saat berhubungan seks. Para pria diminta untuk berpuasa hubungan seks atau menggunakan kondom demi mencegah penularan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya