Cek Fakta: Beredar Video Perayaan Ulang Tahun ke-100 PKI

Tangkapan layar sebuah akun Facebook yang menampilkan video dengan klaim acara perayaan hari ulang tahun ke-100 Partai Komunis Indonesia (PKI).
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Sebuah akun Facebook bernama Biglelo (fb.com/Franky.Rh.Manik) mengunggah video ke grup POliticalSOciety WATCH NEWS (fb..com/groups/paguyuban.parinada.fans.club) dengan narasi perayaan ulang tahun ke-100 Partai Komunis Indonesia (PKI).

Serangan Pasukan Israel Kini Menargetkan Perempuan Palestina di Gaza

Berikut ini narasinya:

“Apakah perayaan ulang tahun PKI ke 100 ??
Diiringi dentuman music HipHop Rock & Heavy Metal mereka menari salsa, samba,cacha dan sedikit breakdance…….”

Adzan Berkumandang di Jalur Gaza, Warga Palestina Rayakan Lebaran Diwarnai Bom dan Rumah Runtuh

HASIL CEK FAKTA

Sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, klaim bahwa kegiatan di video yang diunggah oleh sumber klaim adalah perayaan ulang tahun PKI ke 100 adalah klaim yang salah.

Berpantun, Dubes Iran Ucapkan Selamat Idul Fitri Bagi Rakyat Indonesia

Faktanya, video tersebut merupakan salah satu kegiatan peringatan 25 tahun berdirinya Palestinain Communist Party (PCP) atau Partai Komunis Palestina. Hal itu tampak dari tulisan pada backdrop panggung dalam video tersebut. Di sana tertulis ‘Palestinain Communist Party’ (PCP).

Salah satu video yang identik dengan video yang diunggah sumber adalah video yang diunggah ke kanal Youtube ????? ??????? ????????? ?????? (Partai Komunis Palestina) dengan judul “???????” atau yang jika diterjemahkan menjadi “Palestina”

Akun Youtube Partai Komunis Palestina juga mengunggah sejumlah video terkait kegiatan tersebut. Di antaranya sebuah video yang diunggah pada Selasa 27 Desember 2016 dengan judul “???? ???????? (???? ????? ??????) ????? ??????? ?????????” atau “Dabke Palestina (Divisi Duta Besar Palestina) Partai Komunis Palestina”.

Di keterangannya, tertulis “?? ??????? ???? ????? ??????? ??????? ???????? ????? ??????? ?????????” atau “Di antara kegiatan peringatan 25 tahun berdirinya Partai Komunis Palestina”

Situs Partai Komunis Palestina (PCP) juga merilis sejumlah artikel dan foto terkait perayaan ulang tahun ke-25 pada 15 Desember 2016 pada artikel berjudul “????? ??????? ????????? ??? ?????? ??????? ???????? ?????? ???????” atau “Partai Komunis Palestina menandai peringatan 25 tahun pendiriannya”

Sumber rujukan: https://cekfakta.com/focus/4039

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya