Fadli Zon Curhat ke SBY Disebut Ikan Buntal, Cek Faktanya

VIVA – Akun facebook Herman Chova mengunggah gambar politisi Gerindra Fadli Zon yang disandingkan dengan gambar ikan buntal. Gambar tersebut merupakan tangkapan layar berita sebuah media berjudul "Pesan Fadli Zon kepada SBY: Saya Kena Bully Setiap Hari, Masak Saya Dibilang 'Ikan Buntal'.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Gambar itu dikirim akun tersebut ke grup Jokowi Teman Rakyat. Lalu, akun itu berkomentar terhadap gambar itu,"Benar juga". Unggahan itu dikomentari 186 kali.

Verifikasi Fakta
Mengutip turnbackhoax, judul pada tangkapan layar artikel tersebut merupakan hasil suntingan. Adapun judul asli dimuat pada media Kompascom dengan judul "Pesan Fadli Zon kepada SBY: Saya Kena Bully Setiap Hari, Santai-santai Saja".

Prabowo Silaturahmi Lebaran ke SBY di Cikeas: Datang ke Senior

Dalam artikel tersebut Fadli mengingatkan mantan Ketua Umum Demokrat itu soal sikap yang diambil politisi pasti mengundang pro dan kontra. Nasihat Fadli ini merupakan respons dari curhat SBY saat masih menjadi Ketua Umum.

"Setiap politisi apapun yang dilakukan pasti ada kelompok yang suka, ada kelompok yang tidak suka. Jadi enggak usah baper lah kalau kena bully itu. Saya tiap hari kena bully santai aja, enggak ada tuh saya baper-baperan," kata Fadli.

Prabowo Silaturahmi ke SBY di Cikeas, Demokrat: Pertemuan Konstruktif 2 Negarawan

Hoaks serupa ternyata juga pernah muncul sejak 30 Mei 2019. Hoaks ini muncul kembali pada 2020. Berdasarkan penelusuran di atas, klaim unggahan Fadli disebut ikan buntal merupakan klaim yang salah.

Logo Facebook.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

The Taliban in Afghanistan have announced plans to restrict or completely block access to Facebook, a move condemned by rights activists. The Taliban’s acting minister of

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024