Heboh Dijual Sepatu Berlambang Palu Arit PKI, Cek Faktanya

Akun Bucek Ncek mengguunggah foto yang diklaim sepatu dengan lambang PKI
Sumber :

VIVA – Akun facebook Bucek Ncek mengunggah gambar dengan narasi agar berhati-hati bila membeli sepatu. Sebab, beredar sepatu dengan lambang palu arit atau PKI.

Berikut narasinya:
"Hati hati kalo kita beli sepatu. Logo palu arit lambang PKI sudah bermunculan"

Verifikasi Fakta

Mengutip cekfakta.com, setelah ditelusuri sepatu tersebut merupakan karya perancang asal Spanyol, Tete Calvente. Sepatu rancangannya tersebut bertema "Air Communist".
Sepatu rancangan Tete tersebut juga diunggah pada akun instagram resminya @tetecalvente pada 22 April 2020 dengan narasi "Which one is your favourite?".

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Cek Fakta: Aa Gym Bilang Ketaatan Umat Islam dalam PSBB Dikhianati

Foto tersebut juga diunggah akun instagram @hytrape.sneakers. Akun tersebut merupakan akun reseller yang menjual banyak produk dari produsen perorangan.

Inspirasi karya-karya Tete kerap berasal dari produk-produk produsen besar. Misalnya, ia membuat topi dengan logo restoran cepat saji Mc Donald yang diplesetkan. Lalu juga membuat topi dengan logo NIKE tapi dengan tulisan Tete.

Berdasarkan penelusuran di atas, gambar sepatu tersebut tak terkait dengan PKI. Tapi, sepatu tersebut merupakan rancangan karya Tete Calvente asal Spanyol bertema "Air Communist".

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024