Rocky Gerung Jadi Imam Besar Pakai Sorban, Faktanya

Hoax foto Rocky Gerung berserban
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar unggahan foto di Facebook dengan wajah Rocky Gerung menggunakan peci dan selendang seperti serban. Narasi dalam foto tertulis "Imam Besar Kadrun yg baru : IMAM BESAR ROJACK AL GARONG."

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo

Berikut kutipan narasinya:

Narasi dalam gambar:

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

"Imam Besar Kadrun yg baru : IMAM BESAR ROJACK AL GARONG"

Narasi postingan:

Dikompori Agar Debat Lawan Hotman Paris, Rocky Gerung: Cincin Beliau Lebih Berkilau dari Otaknya

"Cukup pakai sorban kalau ama kdrun udah di bilang ulama besar imam besar ..hahhah padahal ulama nya cabul."

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir cekfakta.com, diketahui bahwa foto tersebut merupakan hasil suntingan dari dua foto. Foto pertama yang digunakan ialah foto Bahar bin Smith. 

Foto Bahar tersebut telah digunakan di sejumlah artikel milik Merdeka.com, salah satunya ialah artikel berjudul "Berkas Kasus Lengkap, Bahar bin Smith Segera Disidang" yang tayang pada 4 Februari 2019.

Foto kedua ialah foto Rocky Gerung yang diambil oleh fotografer Kumparan.com bernama Fitra Andrianto. Foto Rocky Gerung itu digunakan Kumparan.com dalam artikel berjudul "Diskusi di Denpasar, Rocky Gerung Kritik Gizi Buruk hingga Ekonomi RI" yang tayang pada 10 Maret 2019.

Kesimpulan

Atas penjelasan tersebut, maka foto sumber merupakan foto suntingan. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya