Cek Fakta: Foto Mobil Esemka Berbahan Dasar Kayu

Tangkapan layar (screenshot) unggahan sebuah akun Facebook yang memperlihatkan satu mobil dengan bodi yang berbahan kayu tetapi fotonta telah dimanipulasi dengan ditambahan logo Esemka.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar di media sosial Facebook sebuah foto mobil berbahan dasar kayu dengan tulisan dan logo “Esemka” pada bodi mobil. Unggahan itu dibagikan oleh akun Facebook @EdiTansil.

Viral Penampakan Mobil Hummer Segede Gaban, Ban Lebih Besar dari Manusia

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran melalui mesin pencari gambar milik Google, foto serupa pernah diunggah oleh Steemit.com pada 8 Desember 2018. Dalam artikelnya, Steemit.com memberi keterangan bahwa mobil pada foto itu sangat unik karena terbuat dari kayu. Pada foto itu tidak terdapat tulisan maupun logo “Esemka” seperti halnya yang beredar di Facebook.

4 Kendaraan Baru yang Tampilannya Keren

Jika mengacu kepada foto asli, unggahan @EdiTansil sudah melalui proses penyuntingan dan terkategori manipulated content. Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan oleh sebuah media.

KESIMPULAN

Deretan Mobil SUV yang Memiliki Desain Unik

Foto sudah disunting. Faktanya mobil tersebut memang benar berbahan dasar kayu, namun pada foto asli tidak terdapat kata “Esemka” seperti halnya yang beredar. (ren)

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4415

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya