Cek Fakta: Gibran Rakabumi Bicara Akhlak dengan Mengutip Alkitab

Tangkapan layar akun Twitter @GibranRakabumi yang diklaim sebagai akun milik Gibran Rakabuming, putra sulung Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Pada 26 Juli 2020, akun Facebook @NicBee membagikan gambar tangkapan layar dari akun Twitter @GibranRakabumi yang memuat kutipan: “Jangan berbicara di telinga orang bebal sebab ia akan meremehkan katakatamu yang bijak. Amsal 23:9”.

Gibran soal Kaesang Masuk Bursa Cagub DKi Jakarta

Si pengunggah gambar menuliskan keterangan bahwa pemilik akun @GibranRakabumi adalah Gibran Rakabumi, calon wali kota Solo yang juga putra sulung Presiden Joko Widodo, dan mengutip salah satu ayat dalam Kitab Amsal, kitab yang terdapat dalam Alkitab:

Calon walikota oslo kang klepon…
Bicara ahlak ngutip kitab agama lain katholik
Emang gak ada yg jelas…!!

PSI Jagokan Kaesang dan Grace Natalie di Pilgub DKI Jakarta

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran atas akun Twitter @GibranRakabumi, kutipan pada tangkapan layar itu merupakan unggahan pada Maret 2019. Fakta lain juga ditemukan melalui laman turbackhoax.id, tepatnya pada artikel periksa fakta berjudul “Polling Perppu Ormas oleh Gibran Rakabuming” yang diunggah pada 16 November 2017.

Survei Kandidat Potensial Pilkada Solo Mengerucut pada Tiga Nama, Kaesang Nomor 3

Mengutip unggahan itu, tangkapan layar akun Twitter yang dibagikan oleh @NicBee merupakan akun yang sama dengan yang pernah dilakukan pemeriksaan faktanya oleh Mafindo pada 2017. Kala itu, setelah akun yang mengatasnamakan dirinya ramai menjadi perbincangan, Gibran Rakabuming akhirnya bicara. Melalui akun Twitter @Chilli_Pari, Gibran menyatakan bahwa akun tersebut adalah palsu.

Klarifikasi serupa juga dituturkan oleh adik dari Gibran, yakni Kaesang Pangarep. Melalui akun Twitter resmi miliknya @kaesangp, Kaesang menuliskan bahwa akun Twitter @GibranRakabumi bukan milik kakaknya. Kaesang menyatakan bahwa akun Twitter asli milik Gibran adalah @Chilli_Pari.

“Akun kakak saya itu @Chilli_Pari. Kakak saya itu namanya Gibran Rakabuming bukan Gibran Rakabumi,” tulis Kaesang.

Sesuai fakta itu, unggahan @NicBee terkategori misleading content atau konten yang menyesatkan. Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

KESIMPULAN

Klaim itu menyesatkan. Akun Twitter @GibranRakabumi pada tangkapan layar bukan milik Gibran Rakabuming. Akun Twitter yang sama pernah membagikan unggahan berupa poling seputar perppu ormas pada tahun 2017. Saat itu bantahan terkait akun tersebut telah disampaikan oleh Gibran dan Kaesang Pangarep melalui akun Twitter @Chilli_Pari dan @kaesangp.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4456

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya