Cek Fakta: Foto Ma’ruf Amin ‘5 TAHUN nggak ngapa-ngapain’

Foto dari hasil tangkapan layar (screenshot) channel Youtube yang memperlihatkan sosok Wakil Presiden Ma’ruf Amin di dalamnya.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook bernama @KevinLeeMarpaung membagikan foto dari hasil tangkapan layar (screenshot) channel Youtube @sobatmiskinofficial berjudul “5 TAHUN nggak ngapa-ngapain” dengan sosok Wakil Presiden Ma’ruf Amin di dalamnya.

Spesifikasi Singkat Infinix Note 40 Series yang Akan Hadir di Indonesia

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, unggahan @KevinLeeMarpaung sudah melalui proses penyuntingan. Tangkapan layar itu disunting pada bagian wajah yang diganti dengan sosok Ma’ruf Amin dan pada judul video. Video asli dari unggahan tersebut benar diunggah oleh channel Youtube @sobatmiskinofficial, namun bukan berjudul “5 TAHUN nggak ngapa-ngapain” melainkan “2 JAM nggak ngapa-ngapain”.

Xiaomi Tunduk sama Google

Unggahan @KevinLeeMarpaung terkategori manipulated content. Manipulated content biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan oleh media. Konten jenis itu dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

KESIMPULAN

Sentil Henry Yosodiningrat, Haidar Alwi: Setop Ujaran Kebencian ke Jokowi

Foto itu sudah melalui proses penyuntingan. Foto aslinya merupakan tangkapan layar dari sebuah channel Youtube @sobatmiskinofficial, yang tengah viral karena membuat konten unik berjudul “2 JAM nggak ngapa-ngapain”. (ren)

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4492

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya