Video Pembakar Poster Habib Rizieq Ditangkap dan Dipukuli, Faktanya

Beredar video pembakar poster Habib Rizieq Shihab ditangkap.
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook Dem Fidio atau @jemybossqu mengunggah video berdurasi 56 detik yang di dalamnya terdapat aksi pemukulan dan penendangan terhadap seorang pria. Dalam unggahan video tersebut ditambahkan narasi sebagai berikut:

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

“Fidio pendek Sudah ketangkap satu orang Yang bakar gambar HABIB RIZIEK JANGAN ULANG LAGI KEDEPAN NYA.”.

Hasil Cek Fakta

Habib Rizieq Menikah Lagi karena Diminta Ketujuh Anaknya

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, dilansir cekfakta.com, faktanya unggahan video oleh akun Facebook Dem Fidio adalah salah atau keliru.

Diketahui konteks video yang diunggah akun Facebook Dem Fidio tidak berhubungan dengan pembakaran gambar Habib Rizieq Shihab (HRS) yang dilakukan sekelompok massa pada Senin, 27 Juli 2020.

Top Trending: Istri Baru Habib Rizieq, Isi Ramalan Jayabaya hingga Nonis Diteriaki Emak-emak

Video yang disebarkan oleh akun Facebook Dem Fidio itu diketahui sebelumnya pernah disebarkan oleh akun Facebook Annisa Fitriani, namun tampaknya sudah tidak dapat ditemukan lagi.

Adapun video tersebut masih dapat ditemukan pada media sosial Twitter @makLambeTurah yang diunggah pada Kamis, 7 Desember 2017 lalu dengan judul “aksi persekusi viral di Fb”. Selain itu dapat ditemukan juga pada unggahan akun YouTube Muhammad Ikhsan pada Senin 11 Desember 2017 dengan judul “HEBOH..!! SALAH SATU KECEBONG PENGHINA HABIB RIZIEQ BERHASIL DITANGKAP”.

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Dem Fidio berdasarkan kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai konten yang salah dengan definisi ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

Kesimpulan

Video dengan narasi tersebut adalah tidak benar atau salah. Aslinya video itu pernah disebarkan pada Desember 2017 lalu oleh akun Facebook Annisa Fitriani, Twitter @makLambeTurah dan YouTube Muhammad Ikhsan. 

Artinya video yang diunggah akun Facebook Dem Fidio tidak ada hubungannya dengan pembakaran gambar Habib Rizieq Shihab oleh massa pada Senin, 27 Juli 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya